Hujan Lebat, Tiga Wilayah di Kalsel Waspada Banjir
Ilustrasi/antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan tiga wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) berstatus waspada banjir atau banjir bandang akibat hujan lebat yang diperkirakan terjadi sepanjang Senin, 17 Mei hari ini.

"Total ada 13 kecamatan dari tiga wilayah kabupaten atau kota berpotensi terdampak banjir akibat intensitas hujan yang tinggi," kata prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Adhitya Prakoso di Banjarbaru, dilansir Antara, Senin, 17 Mei.

Adapun tiga wilayah tersebut yakni Kabupaten Tanah Bumbu dengan kecamatan terdampak Mantewe, Kusan Hulu, Kuranji, Satui, Karang Bintang, Batulicin, Kusan Hilir dan Simpang Empat.

Kemudian Kabupaten Kotabaru ada tiga kecamatan terdampak yaitu Hampang, Kelumpang Hilir dan Kelumpang Hulu. Sedangkan Kabupaten Banjar ada dua kecamatan berstatus waspada banjir, yakni Aranio dan Sungai Pinang.

"Selain banjir, bencana alam yang patut diwaspadai masyarakat bisa terjadi akibat hujan lebat yaitu terjadinya longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah," beber Adhitya.

 

Meski begitu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik. Namun tetap waspada. Mengingat cuaca bisa berubah sewaktu-waktu dari panas tiba-tiba mendung dan kemudian hujan lebat.

"Dalam kondisi cuaca saat ini lebih baik mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika pun ada keperluan mendesak, wajib berhati-hati ketika berada di luar saat hujan atau angin kencang," pungkas Adhitya mengingatkan.