Pemda Tutup Tempat Wisata, Doni Monardo: Terima Kasih
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo (Foto: Dok BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengucapkan terima kasih terhadap pemerintah daerah yang memutuskan menutup tempat wisata di daerahnya setelah dipadati wisatawan selama libur lebaran.

"Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada satgas daerah yang telah berinisiatif menutup seluruh tempat-tempat wisata," kata Doni dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 17 Mei.

Doni menilai penutupan tempat wisata merupakan keputusan yang tepat. Sebab, banyaknya pengunjung yang ingin berwisata membuat pengelola tak bisa menerapkan imbauan pemerintah dalam membatasi kunjungan 50 persen dari kapasitas. 

"Hal ini kami harapkan tetap berlanjut agar kita bisa melakukan upaya maksimal mencegah penularan," ungkap Doni.

Lebih lanjut, berdasarkan pengalaman setahun terakhir pandemi, kasus aktif COVID-19 selalu meningkat setelah libur panjang. Peningkatannya berada pada kisaran-kisaran 78 persen sampai 119 persen. Sedangkan angka kematian berkisar 46 persen sampai 75 persen. 

"Oleh karenanya, yang perlu kita perhatikan sekarang adalah bagaimana agar kasus ini tidak melonjak. Satu faktor utamanya adalah melakukan program karantina secara mandiri bagi mereka yang kembali dari berpergian," jelas dia.

Sebagai informasi, Kepadatan pengunjung di sejumlah tempat wisata membuat tiga provinsi menutup beberapa lokasi wisata di daerahnya, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Di Ibu Kota, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memutuskan untuk menutup tiga tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tanggal 16-17 Mei 2021.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari timbulnya kerumunan warga yang berwisata selama libur lebaran. Lalu, kawasan wisata di Jakarta akan dibuka kembali tanggal 18 Mei 2021.

Di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil mengambil keputusan menutup empat tempat wisata. Tempat wisata di Batu Karas, Kabupaten Pangandaran ditutup sejak Minggu, 16 Mei sampai waktu yang belum ditentukan.

Selain Batu Karas, tiga tempat wisata yang ditutup adalah Pasir Jambu, Ciwidey, dan Ranca Bali juga akan ditutup sementara. 

Lalu di Provinsi Banten, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menutup sementara semua destinasi wisata di Provinsi Banten mulai 15 Mei hingga 30 Mei 2021 mendatang.