Bagikan:

JAKARTA - Satu pertanyaan yang sering diajukan saat kumpul keluarga saat Lebaran adalah kapan menikah? Jika kamu sudah memiliki tanggal yang mantap untuk melaksanakan pernikahan, pertanyaan tersebut sangat mudah dijawab.

Namun, ketika kamu dan pasangan belum memikirkan tentang pernikahan dalam waktu dekat, pertanyaan kapan menikah menjadi soal sulit untuk dijawab. Apalagi bila pertanyaan itu diajukan kepada orang yang belum memiliki pasangan sama sekali.

Sebagian orang menganggap pertanyaan kapan menikah adalah pertanyaan sensitif karena bersifat pribadi. Hanya saja, pertanyaan kapan menikah sudah menjadi pertanyaan umum saat momentum pertemuan keluarga.

Bagi yang belum memikirkan kapan menikah tapi keburu ditanya kapan hari-Hnya, tak perlu berkecil hati. Berikut ini ide untuk memberikan jawaban saat ditanya kapan nikah.

Jawaban ringkas

Memberi jawaban sederhana dapat menghentikan orang lain untuk mengorek jawaban lebih jauh. Semakin panjang kamu menjawab, penanya dapat menyambung dengan pertanyaan lebih lanjut. Perdebatan pun terjadi, padahal hal ini tidak diharapkan terjadi.

Karena itu, strateginya adalah berikan jawaban jujur yang sederhana. Mengutip WikiHow, kamu bisa menjawab dengan mengatakan, saya tidak tahu, saya tidak berpikir siap untuk itu.

Mengalihkan pembicaraan

Katakanlah kamu dan pasangan memang belum memikirkan untuk tanggal pernikahan. Saat ditanya kapan menikah, kamu tidak perlu menjawabnya secara tegas dan ketus.

Cukup berikan pernyataan yang dapat mengalihkan pembicaraan dari sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan, tetapi tetap mengesankan hal positif. Misalnya, kami masih berhubungan baik, kami belum ingin terburu-buru, atau kami sedang fokus pada pekerjaan.

Memberikan jawaban yang tidak jelas

Kapan menikah? Pertanyaan tersebut meminta tanggal pasti. Tetapi, jika kamu belum siap dan belum memikirkan tanggal pernikahan, jawablah dengan memberikan waktu yang sulit diprediksi.

Beritahu tanggal yang tidak dapat ditentukan dan ditebak, misalnya kamu menjawab, tahun depan, mengutip laman Herworld. Penanya tidak akan sibuk untuk menagih janji kamu pada tahun depan.

Ingat kembali, jawaban sederhana akan menjadi petunjuk untuk orang tidak melanjutkan pertanyaan yang lebih mendalam.

Saling lempar

Strategi lainnya untuk menjawab pertanyaan seputar kapan menikah adalah mengalihkannya kepada pasangan kamu. Ketika kamu sudah memberikan jawaban dan ternyata belum memuaskan penanya, kamu bisa meminta mereka untuk menanyakan kepada pasangan kamu.

Jawaban sederhana, tetapi cukup untuk membuat orang berpikir untuk mencari tahu jawabannya lebih lanjut. Demikian 4 jawaban terbaik saat ditanya kapan menikah. Kamu tidak perlu merasa sungkan atau sensitif secara berlebihan ketika mendapatkan pertanyaan tersebut.

Strategi utama yang tidak boleh dilupakan adalah tetap tenang dalam memberikan jawaban. Kamu tidak mungkin mengubah keadaan, tetapi dapat mengendalikannya. Jangan terpancing terhadap perasaan emosional yang pada akhirnya mengganggu suasana Lebaran.