Kabar Duka Datang dari Manggarai Timur: 164 Warganya Keracunan Makanan, 1 di Antaranya Meninggal
Beberapa warga yang mengalami keracunan sedang menjalani perawatan medis di Puskesmas Mano, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 164 orang warga di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur mengalami keracunan makanan hingga menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Dilansir Antara, Selasa, 5 Mei, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Manggarai Timur, Jefry Haryantomengatakan, peristiwa keracunan makanan itu terjadi usai mengikuti acara kedukaan pada salah satu rumah warga di Dusun Pau, Kelurahan Ngalak Leleng, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Pulau Flores.

Menurut dia, para korban mengkonsumsi makanan atau pangan saat menghadiri acara kedukaan di salah satu rumah warga di Desa Ngalak Leleng pada Jumat, 30 April.

Jefri Haryanto menjelaskan, 164 orang warga termasuk sekitar 30 orang diantaranya anak-anak mengelukan sakit perut dan diare.

Menurut dia sudah 15 orang pasien yang telah dinyatakan sembuh sedangkan satu orang meninggal dunia karena mengalami dehidrasi.

"Satu orang meninggal hari ini. Kondisi pasien mengalami kekurangan cairan sebelum dilarikan ke rumah sakit," ujarnya.

Menurut Jefri Haryanto, masih 148 orang yang sedang dalam perawatan medis di Puskesmas Mano dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ben Mboi di Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Selain itu menurut Jefri Haryanto, sejumlah pasien memilih melakukan perawatan mandiri di rumah, sehingga petugas medis mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pengobatan.

"Kondisi para pasien sudah mulai pulih setelah ditangani secara medis. Para petugas medis juga melakukan pengobatan terhadap pasien yang memilih rawat di rumah," kata Jefri Haryanto.