Gibran 'Jokowi' Geram RTH di Solo Kurang: Tanaman Diganti Paving, Tebang Pohon Seenaknya!
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Surakarta.go.id)

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima bantuan 206 pot dan tanaman dari Rotary Club Solo Area dan Bank Indonesia.

Penyerahan pot dan tanaman dilakukan secara simbolis di Tugu Pemandengan dilanjutkan dengan penanaman tanaman pucuk merah, Jumat, 30 April.

Kepada awak media usai penanaman, Gibran meluapkan kemarahan karena banyak titik di Kota Solo dijadikan tempat parkir. Ini pula yang menyebabkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Solo masih jauh dari harapan. 

“Kita mau menghijaukan semua yang ada di Solo, ruang terbuka di Solo masih kurang hijau,"

"Kita (Solo, red) masih sangat kurang, RTH cuma diangka 8,9 persen. Jauh sekali! Apa-apa diganti paving gitu lho, tanaman diganti paving, tanaman diganti paving, tebang seenaknya," ucap Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menyebutkan, water barrier yang ada di Solo bakal diganti semua dengan tanaman, termasuk depan Loji Gandrung. Ini merupakan langkah untuk menambah RTH di Solo. 

"Ya nanti pelan-pelan, kita siapkan tanaman juga dulu. Kita siapkan gambar (Rancangan, red). Kan ini public space kita manfaatkan juga untuk performance art bisa menari, melukis nyanyi. Konsepnya kan open stage," ujar Gibran. 

Dilansir dari Surakarta.go.id, Rotary memiliki program yang sejalan dengan harapan dan impian Kota Solo menjadi Kota yang asri dan hijau.

Sesuai arahan dari Wali Kota Gibran Rakabuming Raka untuk memperbanyak penghijauan di Kota Solo, Rotary Clubs Solo Area bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo untuk mewujudkan impian tersebut.

Sebanyak 206 pot akan diletakkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Bundaran Gladag hingga Tugu Pemandengan. Area premium di Kota Solo ini akan menjadi proyek percontohan.

Pot dan tanaman akan diserahkan secara bertahap untuk mengganti water barrier yang saat ini digunakan sebagai pembatas jalan. Sebelumnya, Rotary Clubs Solo Area juga telah memberikan bantuan berupa pot dan tanaman yang sudah  diletakkan di Jalan Adi Sucipto disepanjang depan stadion Manahan dan di jalan Doktor Moewardi disepanjang depan Lapangan Kota Barat.