Tepat Malam <i>Nuzulul Qur'an</i>, Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat
Amien Rais dan Logo Partai Ummat (Foto: Tangkap layar YouTube Official Amien Rais)

Bagikan:

JAKARTA - Amien Rais bakal mendeklarasikan pendirian Partai Ummat secara online dari Yogyakarta pada Kamis besok, 29 April. Deklarasi ini sekaligus penanda bahwa mantan ketua umum PAN itu betul-betul merealisasikan keinginannya membentuk parpol baru.

Penanggung jawab Partai Ummat Yogyakarta, Nazaruddin mengatakan, deklarasi Partai Ummat sengaja digelar besok lantaran bertepatan dengan 17 Ramadan atau malam Nuzulul Qur'an.

 

Deklarasi, akan diikuti para pengurus atau simpatisan di daerah secara daring mulai pukul 13.00 WIB. Sementara lokasi deklarasi offline masih mempertimbangkan dua tempat.

 

Opsi pertama, bertempat di Kantor Partai Ummat DIY di Jalan Ngeksigondo, Kotagede, Kota Yogyakarta. Sementara opsi kedua di kediaman Amien Rais di Sawitsari, Condongcatur, Kabupaten Sleman.

"Yang jelas deklarasi di Yogyakarta. Nanti menggunakan notaris dari lokal Yogyakarta karena didirikan di Yogyakarta," ujar Nazaruddin dalam keterangannya, Rabu, 28 April.

 

Nantinya, kata dia, Partai Ummat akan langsung mendaftarkan diri di Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran dilakukan setelah pendirian badan hukum, akta AD/ART, dan akta kepengurusan rampung.

Ada sejumlah tokoh yang akan bergabung dalam deklarasi tersebut. Salah satunya, yang belakangan menyatakan bergabung yakni Buni Yani.

"Setahu saya ada Neno Warisman, Buni Yani, Mustofa Nachrawardaya, MS Kaban, dan Khoirul Annas," jelas Nazaruddin.