Saat Evakuasi Korban, Helikopter TNI AD Sempat Ditembak KKB Papua
Teknisi sedang memperbaiki helikopter milik TNI-AD yang tertembak (Foto: ANTARA/HO)

Bagikan:

PAPUA - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan, helikopter TNI AD yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi, Selasa, 27 April sempat tertembak saat mengudara ketika mengevakuasi korban kontak senjata di Illaga, Papua.

"Memang benar helikopter milik TNI-AD namun tidak berpengaruh fatal sehingga tetap membantu evakuasi korban yang gugur dan terluka. Helikopter tersebut saat ini sudah berada di Timika," aku Kapolda Papua Irjen Fakhiri kepada Antara

Ia mengatakan, memang saat hendak mengevakuasi korban baku tembak helikopter sempat ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan terkena di bagian bawahnya.

Proses evakuasi korban tetap berlangsung. Saat ini korban sudah berada di Timika.

Kontak tembak yang terjadi di markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara itu menyebabkan satu personel Brimob meninggal akibat luka tembak.

Dua personel lainnya yakni Ipda Anton Tonapa mengalami luka tembak di punggung, dan Bripka M Syaifudin terluka tembak di perut, dan keduanya sudah ditangani tim medis di RSUD Timika.

Ketika ditanya tentang lima anggota KKB yang dilaporkan tewas, Kapolda Papua mengaku masih belum bisa memastikan karena menunggu laporan lengkap.

"Memang ada informasi lima KKB tewas dalam kontak tembak namun belum dipastikan karena masih menunggu laporan sementara anggota masih melakukan di lapangan, " ungkap Irjen Fakhiri.

Baku tembak terjadi mulai sekitar pukul 08.00 wit di sekitar markas Lumawi, kampung Makki antara Satgas Nemangkawi dengan KKB.