Evaluasi Piala Menpora, Menteri Amali Harap Kejadian Suporter Bisa Dilihat Secara Objektif
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali (Foto: Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali bersama PSSI, Polri dan Satgas COVID-19 melakukan rapat evaluasi penyelenggaraan turnamen pra-musim Piala Menpora 2021 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, 27 April.

Khususnya, membicarakan kejadian setelah penyelenggaran tersebut ditutup, yakni selebrasi kegembiraan dan ulah pendukung Persija. Serta, kekecewaan yang berlebihan dari pendukung Persib.

Dalam rapat tersebut, juga menghadirkan pihak Persija yang membidangi urusan suporter. 

"Kesimpulan rapat tadi penyelenggaraan pra-musim piala Menpora 2021 yang berjalan dibuka sampai 21 sampai 25 April malam berjalan tertib, lancar, aman dan menerapkan Prokes secara disiplin," ujar Menpora Amali saat konferensi pers di media center Kemenpora, Selasa, 27 April

Kedua, tentang kejadian yang muncul setelah turnamen pra-musim piala Menpora ditutup, baik di Jakarta maupun di Bandung yang sekarang sedang ditangani oleh pihak polri baik Mabes, Polda metro maupun Polda Jabar. 

"Sedang didalami, apabila ditemukan unsur yang mengandung pelanggaran hukum tentu Mabes Polri akan melakukan penegakan hukum," kata Menpora

Ketiga terkait suporter, Kemenpora dan pihak yang terkait akan melakukan pembinaan lebih serius lagi. "Itu PSSI dan LIB yang akan melakukan itu," katanya. 

Keempat menyangkut penerapan PPKM skala mikro yang dilakukan pemerintah. Nantinya, dalam kegiatan berikutnya juga akan melibatkan instrumen-instrumen  PPKM skala mikro yang ada ditingkat desa dan kelurahan ,maupun aparat Polri yang ada ditingkat di desa dan kelurahan.

"Secara keseluruhan seperti yang kami sampaikan, jangan dicampur adukkan penyelenggaraan turnamen pra-musim Piala Menpora yang sudah berhasil sukses, tetapi setelah ditutup itu ada kejadian yang muncul. Saya harap untuk dilihat lebih objektif," ujar Menpora Amali.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya telah berkomitmen melakukan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Piala Menpora. 

"Sampai akhir menjelang final semua lancar, aman dan tepat waktu, tidak ada satupun penyebaran klaster baru dalam pelaksanaan Piala Menpora," kata Iwan.

Iwan mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi dan Menpora Amali untuk mensupervisi dan mengevaluasi terus menerus pelaksanaan turnamen tersebut. Serta Polri, Satgas COVID-19 dan Kemenkes yang memberikan vaksinasi bagi seluruh pemain dan official.

Terkait euforia suporter di HI dan kekecewaan suporter di Bandung, Iwan meminta pihak kepolisian bisa mendalami motif mereka berkerumun saat penyelenggaran turnamen sudah selesai.

"Kami menyangkan peristiwa ini. Tentu jadi evaluasi bagi federasi apa yang kita lakukan terhadap suporter ini. Karena memang ada suporter yang menjaga dan ada sekelompok kecil suporter yang berbeda dengan ini. Sehingga menadi evaluasi bersama," kata Iwan.