Jelang Ramadan, Pemkab Bangka Tengah Gencar Operasi Pasar Jaga Stabilitas Harga
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

BANGKA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok yang cenderung naik dalam bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

"OP kita mulai di Kecamatan Koba, selanjutnya menyusul lima kecamatan lainnya karena OP akan digelar pada seluruh atau enam kecamatan," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba seperti dilaporkan Antara, Jumat, 23 April. 

Ia menjelaskan, kegiatan OP bekerja sama dengan Disperindagkop Provinsi Babel dan beberapa distributor di daerah ini.

"Anggarannya bersumber dari APBD, tentu ini bagian dari upaya kami agar masyarakat bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibanding harga pasar," ujarnya.

Ia mengatakan, kenaikkan harga sejumlah komoditas pokok tidak bisa dipungkiri dalam momentum Ramadhan ini karena permintaan pasar cukup tinggi.

"Ini mekanis pasar dan hukum pasar, ketika permintaan tinggi kadang-kadang harga cenderung naik dan pemerintah hanya bisa melakukan intervensi dengan kegiatan OP, kecuali untuk barang yang HET nya sudah ditentukan pemerintah," ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini juga mengatakan, bahwa selama bulan Ramadan pemerintah daerah juga membagikan sembako gratis terutama untuk kalangan lanjut usia.

"Ini juga upaya kami agar mereka bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok yang cukup dan memadai," ujarnya.