Bagi yang Ingin Masak Rendang Jelang Lebaran, Kemendag Jamin Harga Daging Sapi Tidak Lebih dari Rp130 Ribu
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin harga daging sapi segar di pasar tidak akan lebih dari Rp130 ribu per kilogram (kg) jelang Hari Raya Idulfitri 2021. Seperti diketahui, harga daging sapi konsisten naik dari jelang Ramadan hingga saat ini. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Asosiasi Pedagang Daging Indonesia atau APDI untuk menggelar operasi pasar guna menjaga stabilitas harga di tingkat konsumen.

Oke mengatakan dari pantauan yang dilakukan pihaknya, ditemukan harga rata-rata daging sapi yaitu Rp120 ribu hingga Rp150 ribu per kilogram (kg). Untuk menghindari harga tidak bergerak liar, Kemendag bersama APDI memasok daging beku ke pasar. Tujuannya untuk memberikan alternatif pilihan.

"Jadi harga daging sapi segar kami batasi di Rp130.000 dan masyarakat juga sudah diberikan alternatif untuk mendapatkan daging beku dengan harga saat ini bisa dipastikan di tingkat Rp85.000," katanya dalam diskusi virtual, Jumat, 7 Mei.

Adapun harga daging sapi di pasaran meningkat selama Ramadan hingga menjelang Lebaran di saat harga komoditas lainnya mengalami penurunan.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional pada Jumat, 7 Mei, harga daging sapi di DKI Jakarta Rp146.650. Sedangkan harga daging sapi di Jawa Barat Rp135.650.

Sementara, stok ketersediaan daging sapi di Jabodetabek dan Bandung Raya pada akhir Mei diprediksi mencapai 65.907 ton. Dengan kebutuhan sebesar 21.827, stok daging sapi dipastikan masih mengalami surplus sebesar 44.080 ton.

Kata Oke, pihaknya juga melakukan mobilisasi sapi lokal ke wilayah sentra konsumsi. Tujuannya untuk menjaga stabilitas harga.

"Kita berbicara dengan dinas yang membidangi peternakan di kabupaten/kota untuk melakukan pemantauan di mana ada sapi tersedia. Misalnya di Lamongan terdapat sekitar 114.000, di Malang 243.000, di Belora 267.000, di Rembang 137.000," katanya.

"Dalam upaya memenuhi daging sapi ini untuk puasa dan lebaran kami juga menugaskan PT Berdikari BUMN untuk melakukan kemitraan dengan peternak lain terutama di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk memasok wilayah Jabotabek," sambungnya.