AstraZeneca Gagal Penuhi Kewajiban Pengiriman Vaksin COVID-19, Uni Eropa Siapkan Langkah Hukum
Vaksin AstraZeneca. (Wikimedia Commons/gencat cat)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Eropa tengah mengerjakan proses hukum terhadap AstraZeneca, setelah produsen vaksin COVID-19 itu menghentikan pengiriman vaksin ke Uni Eropa.

Melansir Reuters Kamis 22 April, rencana ini menandai langkah tegas Uni Eropa untuk memutus hubungan dengan AstraZeneca, setelah perusahaan tersebut berulang kali gagal memenuhi pasokan vaksin sesuai jadwal, yang berdampak pada program vaksinasi di Eropa. 

Berita tentang kasus hukum ini pertama kali dilaporkan pada Hari Kamis oleh Politico. Seorang pejabat Uni Eropa yang terlibat dalam pembicaraan dengan pembuat obat mengonfirmasi, Uni Eropa sedang mempersiapkan untuk menuntut perusahaan tersebut.

"Negara-negara Uni Eropa harus memutuskan apakah mereka (akan) berpartisipasi. Ini tentang pemenuhan pengiriman pada akhir kuartal kedua," kata pejabat itu, melansir Reuters, Kamis 22 April. 

Masalah ini dibahas pada Hari Rabu dalam pertemuan dengan diplomat Uni Eropa, kata pejabat dan seorang diplomat. Politico, mengutip lima diplomat Eropa yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa mayoritas negara Uni Eropa pada pertemuan itu mengatakan, mereka akan mendukung menggugat perusahaan tersebut.

Tidak ada tanggapan langsung dari AstraZeneca pada Hari Kamis untuk permintaan komentar. Seorang juru bicara Komisi Eropa belum memberikan komentar.

Untuk diketahui, Brussel pada Bulan Maret mengirim surat hukum kepada AstraZeneca pada langkah pertama, dari prosedur hukum potensial untuk membaca lebih lanjut.

Ketika batas waktu untuk balasan berakhir bulan ini, juru bicara Komisi mengatakan masalah tersebut telah dibahas dalam pertemuan dengan AstraZeneca. Tetapi, Uni Eropa masih mencari klarifikasi lebih lanjut dari perusahaan tentang sejumlah poin yang luar biasa.

Juru bicara itu tidak merinci lebih lanjut, tetapi rincian surat yang diterbitkan oleh surat kabar Italia Corriere della Sera menunjukkan, Uni Eropa sedang mencari klarifikasi tentang apa yang dianggap sebagai penundaan aplikasi ke regulator Uni Eropa untuk persetujuan vaksin COVID-19.

Brussels juga mempertanyakan bagaimana AstraZeneca menghabiskan lebih dari 224 juta euro (270 juta dolar Amerika Serikat) yang diberikan oleh Uni Eropa pada Bulan September, untuk membeli bahan-bahan vaksin dan untuk itu perusahaan belum memberikan dokumen yang cukup untuk mengonfirmasi pembelian tersebut.

Di bawah kontrak, perusahaan telah berkomitmen untuk melakukan upaya terbaik yang masuk akal, untuk mengirimkan 180 juta dosis vaksin COVID-19 ke Uni Eropa pada kuartal kedua, dengan total 300 juta dalam periode dari Desember 2020 hingga Juni 2021 mendatang.

Tetapi, AstraZeneca mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 12 Maret bahwa mereka hanya akan mengirimkan sepertiga dari itu. Surat Uni Eropa dikirim seminggu setelah pernyataan itu.

Berdasarkan kontrak, para pihak setuju bahwa pengadilan Belgia akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan perselisihan yang belum terselesaikan.

Uni Eropa telah memutuskan untuk tidak mengambil opsi untuk membeli 100 juta dosis ekstra AstraZeneca berdasarkan kontrak, kata seorang pejabat, setelah penundaan pasokan dan kekhawatiran keamanan tentang kasus pembekuan darah yang sangat jarang terkait dengan vaksin.