Politik Praktis: Pengertian dan Contohnya
Ilustrasi Polkitik Praktis (PIXABAY)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kehidupan manusia di dalam masyarakat, mempunyai peranan penting dalam metode politik suatu negara. Manusia dalam kedudukannya sebagai makhluk sosial, selalu akan berinteraksi dengan manusia lain dalam upaya menciptakan keperluan hidupnya. 

Keperluan hidup manusia tak cukup yang bersifat dasar, seperti makan, minum, biologis, baju dan papan (rumah). Lebih dari itu, juga meliputi keperluan akan pengakuan keberadaan diri dan penghargaan dari orang lain dalam wujud kebanggaan, pemberian bayaran kerja, status sebagai member masyarakat, member suatu partai politik tertentu dan sebagainya.

Tiap warga negara, dalam kesehariannya hampir senantiasa bersentuhan dengan aspek-aspek politik praktis bagus yang bersimbol ataupun tidak. Dalam pelaksanaan prosesnya bisa terjadi secara seketika atau tak langsung dengan praktik-praktik politik. 

Politik Praktis: Pengertiannya

Pengertian Politik praktis yakni sebuah dunia dikala semua itikad, motif, kepentingan, dan tekad, hadir beriringan dan saling berhimpit untuk memperebutkan kekuasaan. Secara kasat mata, kekuasaan yang dimaksud tidak lain merupakan jabatan, kedudukan atau posisi. Tetapi secara implisit, yang diperebutkan hakekatnya yaitu otoritas dan wewenang untuk membikin keputusan-keputusan publik.

Dahulu, saat paham demokrasi belum terkonsepsi seperti saat ini, politik praktis tidak lain merupakan “perang atau benturan fisik” antara dua kubu atau lebih yang saling menghancurkan untuk memperebutkan kekuasaan. 

Namun saat konsep demokrasi politik sudah membumi seperti saat ini, politik praktis sudah menyerupai sebuah kontestasi yang saling melakukan pembunuhan karakter, saling menghancurkan strategi dan taktik, saling menyerang basis-basis teritorial, dan saling beradu tanding menerima simpati publik.

Contoh Politik Praktis

- Apa yang dijalankan PKI dan PNI dalam mengganyang HMI untuk membentuk himpunan kekuatan.

- Partai politik yang banyak memakai selebritis dimana dirinya merupakan public figure yang telah tenar untuk menarik hati dan dukungan masyarakat.

- Pada jaman orde baru berkuasa, TNI menjadi alat politik yang semestinya netral bagi semua kalangan.

- Melaksanakan kampanye partai politik di dalam kampus dimana kampus seharusnya ada di zona netral dan tidak dalam keberpihakan golongan manapun dalam konteks politik.

- Timses calon pimpinan rakyat yang membagikan sembako dan uang (money policy) untuk mendulang dukungan rakyat.

- Menjadikan teman politik sebagai tumbal untuk menutupi kebobrokan yang lebih besar dari dalam partai maupun institusi pemerintah.

Selain politik praktis: pengertian dan contohnya, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!