Pangeran Philip Mountbatten Meninggal, Tokoh Dunia Mengenangnya Sebagai Sosok Baik dan Setia
Pangeran Philip Mountbatten. (WIkimedia Commons/Steve Punter)

Bagikan:

JAKARTA - Pangeran Philip Mountbatten, suami Ratu Elizabeth II dan tokoh terkemuka dalam keluarga kerajaan Inggris selama hampir tujuh dekade, meninggal dunia pada usia 99 tahun, Istana Buckingham mengatakan pada Hari Jumat, 9 April.

Melansir Reuters, sejumlah tokoh menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pangeran Philip Mounbatten.

Perdana Menteri Inggri Boris Johnson

“Kami mengingat Duke ... di atas segalanya atas dukungannya yang teguh untuk Yang Mulia Ratu, tidak hanya sebagai pendampingnya, di sisinya, setiap hari dalam pemerintahannya, tetapi sebagai suaminya, memiliki kekuatan dan masa tinggal lebih dari 70 tahun . Dan untuk Yang Mulia, dan keluarganya, pikiran bangsa kita harus berpaling hari ini. "

"Dia berpengalaman dan sangat baik, dia membantu mengarahkan keluarga kerajaan dan monarki sehingga tetap menjadi institusi yang tak terbantahkan, penting untuk keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan nasional kita."

Uskup Agung Canterbury Justin Welby 

"Saya bergabung dengan seluruh Inggris dan Persemakmuran dalam berkabung atas kehilangan Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, dan bersyukur kepada Tuhan atas kehidupan luar biasa dalam pengabdiannya."

“Pada kesempatan ketika saya bertemu dengannya, saya selalu terpesona oleh kegembiraannya yang nyata dalam hidup, pikirannya yang ingin tahu dan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan latar belakang kehidupan. Dia adalah ahli dalam membuat orang merasa nyaman dan membuat mereka merasa istimewa. "

Perdana Menteri Skotlandi Nicola Sturgeon

“Saya sedih dengan berita bahwa Duke of Edinburgh telah meninggal. Saya mengirimkan belasungkawa pribadi dan terdalam saya dan dari @scotgov dan orang-orang Skotlandia kepada Yang Mulia Ratu dan keluarganya.”

Perdana Menteri Indria Narenda Modi

“Dia memiliki karir yang cemerlang di militer dan berada di garis depan banyak inisiatif layanan masyarakat. Semoga jiwanya istirahat dalam damai."

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin 

“Sedih mendengar meninggalnya HRH Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Pikiran dan doa kami bersama Ratu Elizabeth dan orang-orang Inggris Raya saat ini. ”

Mantan Presiden AS George W. Bush

“Sepanjang hidupnya yang panjang dan luar biasa, dia mengabdikan dirinya untuk tujuan yang layak dan untuk orang lain. Dia mewakili Inggris dengan bermartabat dan membawa kekuatan dan dukungan tak terbatas kepada kedaulatan. Laura dan saya beruntung telah menikmati pesona dan kecerdasannya, dan kami tahu betapa dia akan dirindukan. ”

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair

“Dia secara alami akan paling dikenal sebagai dukungan yang luar biasa dan teguh kepada Ratu selama bertahun-tahun. Namun, dia juga harus diingat dan dirayakan dengan haknya sendiri sebagai orang yang memiliki pandangan ke depan, tekad dan keberanian. "

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern

"Pangeran Philip akan dikenang karena dorongan yang dia berikan kepada begitu banyak pemuda Selandia Baru melalui Penghargaan Hillary Duke of Edinburgh. Selama lebih dari lima puluh tahun Penghargaan di Selandia Baru, ribuan anak muda telah menyelesaikan tantangan yang mengubah hidup melalui program ini. ”

Raja Norwegia Harald V

“Pikiran kami tertuju pada Ratu Elizabeth dan seluruh keluarganya. Kami juga menyampaikan belasungkawa kami kepada orang-orang Inggris."

Raja Swedia Karl XVI Gustav

“Pangeran Philip telah menjadi teman baik keluarga kami selama bertahun-tahun, hubungan yang sangat kami hargai. Pelayanannya untuk negaranya akan tetap menjadi inspirasi bagi kita semua."