Bobby Nasution Menantu Jokowi Ternyata Turunan Raja Gunung Baringin, Ini Silsilahnya
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Ilustrasi VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah memenangkan Pilkada, Bobby Nasution akhirnya resmi menyandang sebagai orang nomor 1 di Medan. Pelantikannya sebagai Wali Kota Medan dilakukan pada 26 Februari. Pelantikan menjadi cukup sakral mengingat Bobby Nasution yang sekaligus menantu Jokowi masih mewarisi darah Raja Gunung Baringin.

Pria bernama lengkap Muhammad Afif Bobby Nasution itu merupakan Anak bungsu dari pasangan (alm) Erwin Nasution dan Ade Hanifah Siregar. Ia memiliki dua kakak perempuan bernama Inge Amalia dan Poppy Dewinta Nasution.

Yang cukup menyita perhatian adalah bahwa Bobby mewarisi darah Mandailing dan Tapanuli Selatan, berstatus sebagai Keturunan Raja generasi ke-7 dari Raja Gunung Baringin Nasution Mandailing, Natal Penyabungan Timur.

Kerajaan Gunung Baringin sendiri berada di Provinsi Sumatera Utara, Kab. Mandailing Natal. Kerajaan tersebut dimiliki oleh Suku Mandailing Godang dengan marga Nasution. Hal itu yang jadi sumber marga Nasution yang melekat pada nama Bobby.

Perjalanan Singkat Bobby Nasution

Suami dari Kahiyang Ayu itu menghabiskan masa kecilnya di Pontianak, Kalimantan Barat. Ia dan kedua kakaknya menempuh pendidikan dasarnya di SD Muhammadiyah 02 Pontianak. setelah itu ia berpindah ke Bandar Lampung lalu bersekolah di SMP Negeri 22 kota Lampung. Di Bandar Lampung pula ia melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 09.

Setelah Bobby berhasil menyelesaikan pendidikan SMA-nya pada tahun 2009, ia memutuskan untuk melanjutkan studi di Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat. Ia memutuskan untuk belajar di Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Tak puas menempuh pendidikan strata-1, ia melanjutkan pendidikan magisternya di fakultas yang sama.

Pertemuan Bobby dan Kahiyang Ayu ternyata mirip dengan pertemuan Jokowi dan Iriana, sama-sama saat salah satu atau keduanya tengah belajar. Bobby bahkan melamar Kahiyang kurang dari satu tahun. Ia mempersunting putri Presiden pada 8 November 2017 di kota Solo, Jawa Tengah.

Pernikahan Bobby dan Kahiyang dilakukan pada tanggal 25 November dengan adat budaya dari Mandailing (Tapanuli Selatan). Keduanya mengenakan pakaian berwarna oranye, hitam, dan merah dengan pertunjukan kesenian suku Mandailing.

Kemewahan pernikahan dari keturunan raja dan keturunan presiden memang cukup mewah. Bahkan, pernikahan disertai dengan penyembelihan seekor kerbau.

Selain terkait Bobby Nasution menantu Jokowi sekaligus turunan Raja Gunung Baringin, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.