Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (AS) Antony Blinken berharap para perunding akan berkumpul dalam beberapa hari mendatang untuk membahas kelanjutan upaya gencatan senjata dan pemulangan sandera yang tersisa dari Gaza.

Berbicara di Doha, Qatar, Blinken mengatakan sebagian dari langkah ke depan melibatkan penilaian mengenai posisi Hamas setelah kematian pemimpin Hamas Yahya Sinwar. Hal ini sudah dibahas dalam pertemuan dengan  Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani.

“Kami berbicara tentang opsi untuk memanfaatkan momen ini dan langkah selanjutnya untuk memajukan proses ini,” kata Blinken dilansir CNN, Kamis, 24 Oktober

“Saya memperkirakan para perunding kami akan berkumpul dalam beberapa hari mendatang,” katanya.

Diplomat utama AS sekali lagi menekankan Israel harus memanfaatkan momen penting setelah pembunuhan Yahya Sinwar.

“Israel telah mencapai tujuan strategis yang ditetapkannya, memastikan bahwa tragedi 7 Oktober dan kengerian tidak akan terjadi lagi, dengan secara efektif membubarkan organisasi militer Hamas. Israel berhasil melakukan hal tersebut dan mengadili para pemimpinnya, yaitu mereka yang melakukan hal mengerikan pada 7 Oktober, terutama Sinwar,” katanya.

“Setelah hal tersebut tercapai, inilah saatnya untuk berupaya mengakhiri perang ini, memastikan semua sandera dapat pulang, dan membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat di Gaza,” imbuh Blinken.