Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU) Diana Kusumastuti memastikan Presiden Prabowo Subianto akan melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini diucapkan Diana usai dilantik bersama puluhan wakil menteri lainnya.

"Tentunya (IKN) kita akan lanjutkan. Ya akan kita lanjutkan," kata Diana kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 21 Oktober.

Prabowo, menurut Diana, pasti akan menuntaskan pembangunan IKN, sehingga pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta bisa terrealisasi. Meskipun, Diana tak membeberkan pembangunan strategis di IKN dalam 100 hari ke depan.

"Kita akan lanjutkan yang sudah jalan. Kita selesaikan semuanya. Yang baru-baru nanti akan didiskusikan ke Otorita IKN," ucap dia.

Lalu, apakah Prabowo akan kembali mengunjungi IKN untuk melakukan peresmian peletakan batu pertama atau groundbreaking seperti yang dilakukan Presiden ke-7 Joko Widodo? Diana mengakh tak tahu.

"Saya juga belum tahu. Kita lihat nanti," tambahnya.

Prabowo dalam pidatonya usai pengambilan sumpah sebagai presiden, sama sekali tak menyinggung soal Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam pidatonya usai pelantikan di sidang paripurna MPR.

Dalam pidatonya, Prabowo menekankan banyak hal, mulai dari tantangan bangsa dari dalam maupun luar negeri, kebocoran anggaran, kemiskinan, penguatan ekonomi, pemberantasan korupsi, hingga dukungan kepada Palestina.

Namun, tak ada satu kalimat pun mengenai perpindahan Ibu Kota yang disinggung Prabowo. Saat ini, keputusan presiden (keppres) soal pemindahan Ibu Kota memang belum diterbitkan.

Target pelaksanaan pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Nusantara pun terulur di transisi pemerintahan Joko Widodo ke Prabowo.