Bagikan:

JAKARTA - Calon-calon menteri dan wakil menteri pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah berkumpul di Istana Negara malam ini. Rencananya, Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto akan mengumumkan secara resmi susunan kabinet periode 2024-2029. 

Mantan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, menjadi salah satu nama yang digadang-gadang bakal menjabat sebagai menteri koordinator. Rumornya, pakar hukum senior itu ditunjuk Prabowo menjadi Menko Hukum, HAM dan Imigrasi. 

"Katanya sih Menko Hukum dan HAM ya, artinya pengembangan dari Menko Polhukam," ujar Yusril di Istana Negara, Jakarta, Minggu, 20 Oktober, malam. 

Yusril menegaskan, bahwa hukum harus ditegakkan dan menjadi concern pemerintahan Prabowo. Dia pun meminta rakyat Indonesia menunggu pengumuman resmi jajaran kabinet oleh Prabowo. 

"Malam ini akan diumumkan kita tunggu saja. Saya belum tau kegiatan protokoler malam ini karena baru dikasih tahu tadi sore, suruh datang jam 8, jam 8.30 katanya presiden akan mengumumkan nama-nama anggota kabinet dan sekaligus memperkenalkan ke publik. Kita tunggu nanti saja," kata Yusril. 

Senada, Eks Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa tak lama lagi Prabowo akan mengumumkan nama-nama menterinya. Ia mengaku mendapat arahan dari presiden terkait swasembada, baik pangan, energi maupun subsidi. 

"Ya pertama tentu arahnya jelas yang pertama tentu swasembada pangan, swasembada energi, kemudian swasembada subsidi langsung kepada masyarakat yang membutuhkan dan pak Prabowo sudah menyatakan bahwa kita harus melihat beyond indikator-indikator yang ada," ungkap Airlangga. 

"Jadi lebih dalam lagi, kita tunggu agenda selanjutnya," imbuhnya. 

Saat disinggung apakah warna cokelat menjadi dresscode pada pengumuman kabinet malam ini, Airlangga mengatakan menteri-menteri memang suka mengenakan baju berwarna cokelat. "Kami sering pakai coklat," katanya. 

Malam ini para calon menteri dan calon wakil menteri berkumpul di Istana Negara dengan mengenakan batik cokelat. Menurut rencana, Prabowo akan mengumumkan jajaran menteri kabinetnya pada pukul 08.30 WIB. 

Selanjutnya, calon menteri dan wakil menteri akan dilantik esok hari. Pelantikan calon menteri diagendakan pada pagi hari, sedangkan calon wamen akan dilantik pada sore hari.