Bagikan:

JAKARTA - Istana Kepresidenan menggelar upacara penyambutan Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto dan pelepasan Presiden ke-7 RI Joko Widodo.

Upacara di Istana Merdeka dikomandoi oleh Kolonel Inf Danang Prasetyo Wibowo yang merupakan cucu Sarwo Edhie Wibowo sekaligus keponakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebelum upacara dimulai, Prabowo menyempatkan berbincang dengan Jokowi di dalam Istana. Di ruangan yang sama, Iriana Joko Widodo juga berbincang dengan putra Prabowo Didit Hedirastyo dan mantan istri Prabowo, Titiek Soeharto.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, komandan upacara menyampaikan laporan kepada Prabowo sebagai inspektur upacara yang didampingi Jokowi di sampingnya.

Lalu, Prabowo dan Jokowi berjalan melakukan pemeriksaan pasukan. Seusai itu, penutupan upacara pisah sambut Prabowo dan Jokowi diiringi oleh flypass atau aksi terbang formasi pesawat TNI yang melintasi udara di atas Istana Merdeka.

Tak lama kemudian, Prabowo dan Jokowi meninggalkan lokasi upacara. Jokowi dan Iriana direncanakan akan langsung pulang ke Solo.

Prabowo pun ikut mengantar Jokowi ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma menggunakan kendaraan taktis Garuda Indonesia 1 yang sama dengan Jokowi.

Keluar dari Istana Merdeka, perjalanan Jokowi dan Prabowo ke Bandara Halim Perdanakusuma disambut masyarakat yang berdiri di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan Sudirman.