8 Pesawat Tempur F-16 Milik TNI AU Lakukan Demo Udara Peringati HUT Ke-77 TNI
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah. ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pesawat tempur TNI Angkatan Udara akan melaksanakan demo udara di langit Jakarta dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI pada 5 Oktober 2022.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan,TNI AU telah menyiapkan delapan pesawat tempur F-16 yang berasal dari Skuadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan Skuadron Udara 14 Lanud Iswahjudi.

Selain itu, menyiapkan enam pesawat KT 1 Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan delapan helikopter gabungan yang berasal dari TNI AU, TNI Angkatan Darat, dan TNI Angkatan Laut.

Menurut dia, delapan jet tempur F-16 akan melakukan flypass atau terbang lintas di atas tempat upacara peringatan HUT TNI di Istana Negara, Jakarta.

Sementara itu, delapan helikopter akan terbang membawa bendera raksasa Merah Putih dan bendera Trimatra TNI.

"JAT akan melakukan 10 manuver di atas langit Istana Negara dengan durasi 12 menit," ujar Indan di Jakarta, Antara, Kamis, 29 September. 

Saat ini, ketiga unsur udara yang akan tampil dalam HUT Ke-77 TNI sudah mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma.

Penyiapan pesawat tempur untuk melakukan demo udara itu merupakan perintah dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.