Kadispenau: Penerbangan Bandara Halim Setop Sementara Saat Demo Udara HUT ke-77 TNI AU Minggu 9 April
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (6/4/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengungkapkan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, akan tutup sementara saat peringatan HUT Ke-77 TNI AU pada Minggu (9/4).

"Mungkin pada saat demo udara, iya, temporary-lah atau istilahnya expect delay, tetapi tidak ditutup, penerbangan bisa menyesuaikan terutama pada saat demo udara.," ujar Indan dilansir ANTARA, Kamis, 6 April.

Menurut dia, bandara akan berhenti beroperasi saat demo udara selama kurang lebih 1 jam. Hal ini untuk memprioritaskan pesawat-pesawat yang hendak melaksanakan demo udara.

"Itu akan diprioritaskan pada pesawat-pesawat yang melaksanakan demo," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan ANTARA, gladi bersih upacara HUT Ke-77 TNI AU dimulai sekitar pukul 08.00 WIB pada hari Kamis. Atraksi pertama dibuka oleh marching band Taruna Akademi Militer (Akmil) AU.

Ada juga demo udara berupa penampilan pesawat-pesawat TNI AU, sementara demonsarat berupa simulasi pembebasan sandera (basra) oleh pasukan Kopasgat. Puluhan senjata Pasgat berbagai tipe juga ikut dalam defile.

Selain itu, upacara puncak peringatan HUT Ke-77 TNI AU akan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Yudo Margono pada hari Minggu (9/4) pukul 08.00 WIB di Lanud Halim Perdanakusuma. Masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung dapat melalui akses masuk Pos Dirgantara, Pos Makasar, Pos Trikora, dan Pos Gapura.

"Demo udara persis seperti tadi. Jadi, kurang lebih akan dimulai pada pukul 09.15 hingga 10.20 WIB," kata Indan.

TNI AU, lanjut dia, akan menyiapkan titik-titik parkir agar masyarakat dapat menggunakan TransHalim untuk sampai langsung ke Lanud Halim Perdanakusuma.

"Tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti upacara peringatan HUT Ke-77 TNI AU," katanya.

"Yang penting sehat, fit karena lumayan panas," imbuhnya.