Bagikan:

YOGYAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah calon menteri di kediamannya di Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, pada Senin, 14 Oktober 2024. Total, ada 49 calon menteri yang sudah menghadap Prabowo. Dari 49  calon tersebut, enam di antaranya merupakan tokoh wanita yang telah diketahui publik kiprah dan profilnya. Lantas, siapa saja tokoh wanita yang jadi calon menteri Prabowo? Yuk, simak daftarnya dalam ulasan berikut ini.

Tokoh Wanita yang Jadi Calon Menteri Prabowo

  1. Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati termasuk salah satu tokoh wanita yang dipanggil Prabowo di Kertanegara. Dia diminta Prabowo untuk kembali menjadi Menteri Keuangan di pemerintahan baru.

“Beliau (Prabowo) meminta saya untuk menjadi menteri keuangan kembali,” ujar Sri Mulyani, dikutip Selasa, 15 Agustus 2024.

Sebagaimana yang kita tahu, Sri Mulyani sudah berkiprah di pemerintahan sebagai Menteri Keuangan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia juga menduduki posisi tersebut di Kabinet Jokowi selama dua periode.

  1. Veronica tan

Veronica Tan juga termasuk salah satu tokoh wanita yang jadi calon menteri Prabowo. Namanya mulai dikenal publik sejak mantan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta bersama Joko Widodo pada 2012.

Veronica adalah tokoh wanita yang aktif di komunitas Tionghoa. Ia juga mempunyai bisnis daging impor melalui Alpha Agro Indonesia sejak 2018.

Usai bertemu dengan Prabowo di Kertanegara, Veronica tak banyak berbicara kepada awak media. Ia juga enggan mengonfirmasi apakah ditawati posisi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

“Nanti tunggu dari Pak Presiden (Prabowo),” kata Veronica.

  1. Widiyanti Putri Wardhana

Berikutnya ada Widyanti Putri Wardhana. Ia adalah komisaris PT Teladan Prima Agro (TPA0 sejak 2021.

Widiyanti merupakan anak dari Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pengusaha kenamaan pendiri Teladan Group.

Adapun Widiyanti diketahui menikah dengan Wishnu Wardhana, mantan direktur utama PT Indika Energy Tbk (INDY).

  1. Meutya Hafid

Tokoh wanita lainnya yang dipanggil Prabowo dalam persiapan calon menteri adalah Meutya Hafid. Ia adalah mantan jurnalis yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR.

Politkus Partai Golkar ini diseut-sebut akan menduduki posisi menteri komunikasi dan informatika. Kendati demikian, ia enggan mengungkapkan isi pembicarannya dengan Prabowo pada Senin kemarin.

“Nanti beliau yang umumkan. Tapi nggak jauh dari bidang saya,” terangnya.

  1. Arifah Chori Fauzi

Prabowo Subianto juga memanggil Arifah Choiri Fauzi ke kediamannya pada Senin, 14 Oktober 2024. Arifah merupakan Sekretaris Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama.

Pada Pilpres 2024, Arifah dikenal sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

  1. Ribka Haluk

Ribka Haluk turut masuk dalam jajaran tokoh wanita yang jadi calon menteri Prabowo. Ia adalah pejabat Gubernur Papua saat ini.

“Ini pertama kali saya ke Kertanegara, beliau mengucapkan terima kasih karena bergabung dengan kabinet beliau untuk melakukan kerja-kerja yang ditugaskan kepada kami,” tutur Ribka.

Demikian informasi tentang tokoh wanita yang jadi calon menteri Prabowo. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.