Bagikan:

JAKARTA - Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merespons kehadiran mantan istrinya, Veronica Tan yang hadir ke kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto kemarin malam sebagai calon menteri bersama puluhan orang lainnya.

Ahok tak mengungkapkan pandangannya pribadinya terkait hal ini. Penunjukan Veronica sebagai calon menteri, menurut Ahok, adalah hak Prabowo sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

"Pemilihan menteri adalah hak prerogatif presiden," ucap Ahok dalam pesan singkat, Selasa, 15 Oktober.

Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil para calon menteri ke kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin 14 Oktober. Hingga Senin malam, sudah 49 calon menteri yang diajak bicara empat mata dengan Prabowo.

Pemanggilan para calon menteri kabinet Prabowo berlangsung sejak siang hingga malam. Mereka yang dipanggil berasal dari beragam latar belakang, seperti politisi, akademisi hingga pengusaha.

Meski begitu, calon menteri yang dipanggil didominasi dari anggota partai politik koalisi Indonesia Maju (KIM). Durasi pertemuan empat mata tersebut bervariasi. Ada yang sekitar tiga menit dan yang satu jam.

"Saya memanggil calon-calon menteri dan wakil menteri beberapa diantara mereka. Sebenarnya proses ini sudah berjalan lama, kita adakan pemantauan diskusi dan sebelum saya undang ke sini sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya," ujar Prabowo pada Senin malam.

Dari sejumlah tokoh yang dipanggil Prabowo, sosok Veronica Tan cukup menarik perhatian. Mantan istri Basuki Tjahja Purnama alias Ahok itu mengaku ditawarkan menjadi salah satu menteri di kabinet baru.

Dia tak mau membocorkan posisi apa yang ditawarkan oleh Prabowo. Dia hanya diminta untuk membantu masyarakat khususnya kalangan perempuan dan anak.

Di era Jokowi, urusan perempuan dan anak diurus oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Saya masih menunggu pak presiden yang mengumumkan. Bersama-sama kita membantu masyarakat, mungkin ibu-ibu, anak-anak, jadi saya bilang iya siap pak," ujar Veronica setelah menemui Prabowo.