Bagikan:

JAKARTA - Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan kini menjabat sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Wamen PPPA) di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Seusai dilantik bersama puluhan wakil menteri lainnya, Veronica mengungkap isi pesan yang disampaikan Prabowo padanya.

"(Pesan dari Prabowo) selamat bekerja dan ya, semoga sama-sama membangun negara," kata Veronica kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 21 Oktober.

Veronica Tan, perempuan kelahiran Medan ini menikah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada usia 19 tahun, yang dilangsungkan secara Katolik pada 20 September 1997. Dari pernikahannya dengan Ahok, Veronica Tan dikaruniai tiga anak yaitu Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner.

Saat ini, Veronica mendedikasikan waktunya untuk dunia bisnis. Ia menginisiasi aplikasi LoveCare, sebuah platform yang menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan home care seperti perawat, caregiver, dan babysitter.

Selain itu, Veronica juga dikenal sebagai seorang filantrop. Ia adalah pendiri Yayasan Waroeng Imaji yang berfokus pada kesejahteraan anak-anak di rumah susun di Jakarta. Melalui yayasan ini, Veronica secara aktif menggalang dana dan mempromosikan berbagai program untuk membantu anak-anak kurang mampu.

Prabowo menggaet belasan perempuan untuk duduk di Kabinet Merah Putih. Selain Veronica, Prabowo juga menunjuk Menteri Keuangan era Presiden Joko Widodo Sri Mulyani untuk kembali menjabat di pemerintahannya.

Selain itu, wanita yang ditunjuk menjadi menteri maupun wakil menteri adalah Meutya Hafid, Widiyanti Putri Wardhana, Arifatul Choiri fauzi, Stella Christie, Christina Ariani, Dyah Roro Esti, Diana Kusumastuti, Ni Luh Puspa, dan Irene Umar.