Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd J.Austin III mengaku sangat prihatin atas serangan tentara Israel terhadap posisi pasukan penjaga perdamaian PBB atau UNFIL di Lebanon.

Hal itu disampaikan Sekretaris Pers Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder. Dia bilang, Menhan AS menyatakan keprihatinannya atas insiden di Lebanon itu diungkapkan saat berbicara dengan Menhan Israel Yoav Gallant pada 12 Oktober.

"Menteri Austin juga mengangkat isu situasi kemanusiaan yang parah di Gaza, dan menegaskan bahwa langkah-langkah untuk mengatasinya harus diambil," kata Ryder dalam pernyataan tertulis, dikutip dari Sputnik-OANA via Antara, Minggu 13 Oktober, disitat Antara.

Menurut Pat Ryde, Menhan AS juga prihatin Israel serang UNIFIL di tengah memburuknya situasi Gaza, Palestina.

Sehubungan dengan hal itu, Menhan AS menekankan pentingnya menjamin keselamatan dan keamanan pasukan UNIFIL dan Angkatan Bersenjata Lebanon seraya menyerukan agar Israel selayaknya segera beralih ke jalur diplomatik.

Dalam kesempatan itu, Menhan AS juga menegaskan kembali komitmen "tak tergoyahkan, abadi, dan kuat" AS terhadap keamanan Israel.