Bagikan:

JAKARTA - Operator minimarket Jepang, Lawson Inc. sejak Agustus lalu meminta para stafnya untuk mengenakan lencana yang menunjukkan kemampuan mereka berbicara dalam bahasa asing, yang bertujuan untuk memenuhi peningkatan pengunjung dari luar negeri.

Lencana ini mencakup tujuh bahasa, yakni Inggris, China, Korea, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Nepal.

Lawson mengatakan, bahasa-bahasa tersebut dipilih karena merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh turis asing dan berdasarkan kewarganegaraan staf Lawson. Kendati demikian, mengenakan lencana bersifat sukarela.

"Kami berharap pengunjung dari luar negeri akan dapat menggunakan minimarket tanpa hambatan bahasa," kata juru bicara Lawson, dilansir dari Kyodo News 10 Oktober.

Pengenalan lencana ini, yang merupakan langkah pertama yang dilakukan oleh jaringan minimarket besar di Jepang, dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah pekerja asing paruh waktu di industri minimarket.

Pada Bulan Februari, Seven-Eleven Japan Co. memiliki sekitar 40.000 pekerja seperti itu, sementara Lawson memiliki sekitar 24.000 dan FamilyMart Co. sekitar 18.000, yang secara keseluruhan membentuk sekitar 10 persen dari tenaga kerja mereka.

Diketahui, Lawson juga telah menyiapkan lencana yang menandakan anggota staf yang memakainya masih belajar bahasa Jepang.