Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong anak muda untuk aktif membantu pemberantasan korupsi di Tanah Air. Salah satu caranya dengan menumbuhkan sikap jujur dan berintegritas.

Hal ini disampaikan Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi saat menggelar kegiatan Kelas Pemuda dan LSM Antikorupsi 2024 di Mamuju, Sulawesi Barat pada 9-10 Oktober.

“Pemuda harus berkarakter kuat, jujur, dan berintegritas untuk menjadi pemimpin masa depan yang bebas dari korupsi,” kata Kumbul seperti dikutip dari keterangan resmi KPK, Sabtu, 12 Oktober.

Kumbul menyebut peran aktif anak muda dalam memberantas korupsi sangat dibutuhkan. Apalagi, jumlah pemuda di Indonesia mencapai 64,16 juta orang atau sekitar 23,18 persen dari total populasi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023.

Karenanya potensi ini harus dimanfaatkan dengan maksimal. “Generasi muda adalah agen perubahan,” tegasnya.

“Jika mereka bisa menanamkan nilai-nilai antikorupsi, Indonesia Emas 2045 bukan sekadar mimpi,” sambung Kumbul.

Adapun kegiatan ini diikuti 100 pemuda terpilih dari berbagai kota di Sulawesi Barat. Para peserta dapat berbagai pemahaman soal korupsi, pelatihan jurnalisme antikorupsi hingga peran masyarakat dalam pencegahan korupsi. Materi disampaikan melalui pendekatan interaktif atau fun learning sehingga lebih mudah diterima.