Bagikan:

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menyerahkan masing-masing 10 nama calon pimpinan dan dewan pengawas ke DPR. Seluruh nama itu akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper.

“Kami pada akhirnya memutuskan untuk mengirim 10 nama calon pimpinan dan 10 calon dewas kepada Pak Presiden. Dan alhamdulillah, Pak Presiden akan meneruskan nama-nama tersebut ke DPR,” kata Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Arief Satria kepada wartawan di gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Selasa, 1 Oktober.

Meski begitu, Arief belum memerinci kapan Jokowi bakal menyerahkan nama itu ke DPR. Dia hanya memastikan masing-masing capim dan calon dewan pengawas komisi antirasuah itu sudah dipilih dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

“Bahwa kriteria yang kita tetapkan dalam memilih capim dan cadewas ini adalah satu integritas, dua kapabilitas, tiga adalah akseptabilitas,” tegasnya.

“Jadi reputasi dan kemudian kepercayaan publik juga menjadi salah satu pertimbangan dalam kami menentukan. Aspeknya sangat luas sekali dan pertimbangan-pertimbangan itu pun juga atas masukan dari berbagai kalangan,” sambung Arief.

Berikut adalah nama calon pimpinan yang sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi:

1. Agus Joko Pramono

2. Ahmad Alamsyah Saragih

3. Djoko Poerwanto

4. Fitroh Rohcahyanto

5. Ibnu Basuki Widodo

6. Ida Budhiati

7. Johanis Tanak

8. Michael Rolandi Cesnanta Brata

9. Poengky Indarti

10. Setyo Budiyanto

Sementara untuk 10 nama calon dewan pengawas adalah sebagai berikut:

1. Benny Jozua Mamoto

2. Chisca Mirawati

3. Elly Fariani

4. Gusrizal

5. Hamdi Hassyarbaini

6. Heru Kreshna Reza

7. Iskandar Mz

8. Mirwazi

9. Sumpeno

10. Wisnu Baroto