Bagikan:

JAKARTA - Hujan deras melanda Mumbai, India, memicu banjir dan menewaskan empat orang serta melumpuhkan kota dan memaksa sekolah-sekolah tutup.

Beberapa wilayah Mumbai mencatat curah hujan sekitar 275 mm (11 inci) pada Rabu, 25 September malam, yang melumpuhkan lalu lintas jalan raya dan menunda kereta yang digunakan jutaan penduduk kota setiap hari.

Empat orang tewas akibat insiden terkait hujan, kata para pejabat dikutip Reuters, Kamis, 26 September.

Karena diperkirakan akan turun hujan lagi, pihak berwenang mengeluarkan peringatan merah di seluruh kota, dan mendesak warga untuk tinggal di rumah. Sekolah dan perguruan tinggi ditutup dan para nelayan diminta untuk menjauh dari pantai sampai hari Jumat, 27 September.

Rekaman drone yang diposting di media sosial menunjukkan jalan raya yang padat dipenuhi mobil - beberapa pengemudinya masih di dalam, yang lain ditinggalkan oleh pengemudi yang frustrasi. Ratusan ribu penumpang menghabiskan waktu berjam-jam di jalan.

Hujan muson di India mulai berkurang dari barat laut negara itu awal pekan ini, hampir seminggu lebih lambat dari biasanya, kata Departemen Meteorologi India (IMD).

Musim hujan umumnya dimulai pada Juni dan mulai mereda pada pertengahan September, namun hujan terus berlanjut tahun ini, yang telah membantu mengisi kembali waduk-waduk namun merusak panen di beberapa negara bagian.

Hujan lebat juga diperkirakan terjadi di beberapa bagian negara bagian Telengana di bagian selatan pada Kamis, kata kantor cuaca.