Bagikan:

JAKARTA - Calon gubernur DKI nomor urut satu, Ridwan Kamil (RK) berharap anggaran hingga Rp200 juta untuk setiap RW bisa mengatasi kemiskinan yang ada di Jakarta.

"Kita hadirkan program yang saya bilang Rp200 juta per RW," kata Ridwan Kamil saat ditemui di TPU Karet Bivak Jakarta Pusat, Antara, Rabu, 25 September. 

Ridwan menyampaikan hal itu usai ziarah ke lima makam tokoh nasional seperti M.H. Thamrin, Ismail Marzuki, Benyamin Sueb, Haji Lulung, dan Fatmawati. Program ini sekaligus untuk menjawab keresahan dari Jaringan Rakyat Miskin Kota.

Dia mengatakan nantinya setiap RT maupun RW yang mau bekerja luar biasa  penghasilannya nanti akan dinaikkan. Kemudian, pihaknya juga akan menata kekumuhan demi penataan wilayah di Jakarta.

"Kekumuhan kita tata, tidak selalu harus dipindahkan," ujarnya.

Dia menegaskan sudah menjadi tugas seorang pemimpin untuk mencintai rakyatnya khususnya warga miskin.

Terlebih, program anggaran hingga Rp200 juta itu terinspirasi saat kepemimpinan dulu yakni sebanyak 30.000 warga miskin bisa mendapatkan bantuan usaha dari Rp500 ribu hingga Rp10 juta.

Maka dari itu, dia optimis program yang ditawarkannya ini mampu mengatasi permasalahan kemiskinan dan kekumuhan yang ada di Jakarta.

"Jadi, itulah kecintaan kami kepada warga yang paling harus kami lindungi sebagai pemimpin yaitu golongan menengah ke bawah," ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil pernah menyampaikan bahwa pasangan RIDO akan menyiapkan anggaran sebesar Rp100 juta-Rp200 juta per tahun yang akan dikelola untuk RW.

Ide itu diusulkan agar setiap RW dapat berinovasi dalam melakukan penataan di wilayahnya masing-masing.

Ridwan Kamil (RK) akan fokus melakukan blusukan, temu wicara, hingga kampanye kreatif guna menjangkau pemilih Gen Z dalam dua bulan ini.