Bagikan:

JAKARTA - Penjaga pantai Yunani mengatakan tiga orang tewas dan lima lainnya berhasil diselamatkan dalam kecelakaan perahu karet pembawa imigran di lepas pantai Pulau Samos, Aegea timur, Yunani.

Mengutip AP, Senin 23 September, petugas menyebutkan jumlah penumpang dalam perahu karet itu belum diketahui secara pasti.

Operasi pencarian terhadap korban perahu karet terguling itu dikerahkan di wilayah barat laut Samos.

Sebanyak tiga kapal patroli penjaga pantai, satu kapal pribadi, dan satu unit helikopter angkatan udara telah diterjunkan.

Belum ada informasi terkait identitas atau kewarganegaraan dari imigran atau pencari suaka tewas dan yang berhasil diselamatkan.

Yunani diketahui terletak di sepanjang salah satu rute paling populer menuju Uni Eropa bagi imigran yang melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di Timur Tengah, Afrika, dan Asia.

Meskipun otoritas Yunani telah mengelurkan peringatan keras di sepanjang perbatasan negaranya dengan Turki, ribuan imigran dilaporkan berhasil masuk.

Sering kali imigran masuk melintasi pantai Turki ke pulau-pulau Yunani terdekat dengan menggunakan perahu karet yang tipis.