Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori meninggal dunia pada Hari Rabu dalam 86 tahun, setelah sempat dikabarkan berencana maju dalam pemilihan presiden tahun 2026.

Sejumlah rekan dekat mengunjunginya pada Hari sebelumnya, melaporkan bahwa ia dalam kondisi kritis.

"Setelah lama berjuang melawan kanker, ayah kami baru saja pergi menemui Tuhan," tulis putrinya Keiko Fujimori dalam sebuah pesan di X, yang juga ditandatangani oleh anak-anak mantan pemimpin tersebut, melansir Reuters 12 September.

Almarhum Fujimori, putra imigran Jepang, lahir di Lima pada Hari Kemerdekaan Peru, 28 Juli 1938.

Seorang matematikawan dan insinyur pertanian, Fujimori bukanlah orang penting di dunia politik ketika ia memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai presiden, mengendarai traktor ke arena kampanyenya.

Ia mengejutkan dunia dengan mengalahkan penulis terkenal Mario Vargas Llosa dalam pemilihan tahun 1990, dengan dukungan kuat dari kubu kiri.

alberto fujimori
Alberto Fujimori bersama Keiko Fujimori. (Twitter/@KeikoFujimori)

Membawa Peru mengalami pertumbuhan ekonomi selama kurun waktu 1990-an, Fujimori dipenjara karena pelanggaran hak asasi manusia saat perang berdarah melawan pemberontak Maois.

Ia membasmi hiperinflasi yang telah menyebabkan jutaan orang Peru kehilangan pekerjaan, memprivatisasi puluhan perusahaan milik negara, dan memangkas tarif perdagangan, yang menjadi dasar bagi Peru untuk menjadi, untuk sementara, salah satu ekonomi paling stabil di Amerika Latin.

Di bawah pengawasannya, pemimpin Maoist Shining Path yang ditakuti, Abimael Guzman ditangkap, memberikan pukulan telak bagi gerakan yang pada tahun 1980-an tampaknya hampir menggulingkan negara Peru. Guzman meninggal di penjara pada bulan September 2021.

Namun, banyak orang Peru menganggap Fujimori sebagai seorang otokrat setelah ia menggunakan tank militer untuk menutup Kongres pada tahun 1992, menyusun ulang konstitusi sesuai keinginannya untuk mendorong reformasi pasar bebas dan undang-undang antiterorisme yang ketat.

Serangkaian skandal korupsi selama 10 tahun pemerintahannya juga mengubah opini publik terhadapnya.

Tak lama setelah ia memenangkan pemilihan ketiga pada tahun 2000 - dengan mengubah konstitusi untuk mencalonkan diri - muncul video penasihat utamanya dan kepala mata-mata Vladimiro Montesinos yang membagikan uang tunai untuk menyuap politisi. Fujimori melarikan diri ke pengasingan di Jepang.

Ia mengundurkan diri melalui faks dari Tokyo dan kemudian gagal berkampanye untuk kursi senator Jepang.

Montesinos kemudian ditangkap di Venezuela dan dipenjara, terbukti bersalah berdasarkan ratusan video yang direkamnya sendiri saat membagikan uang suap kepada politisi dan eksekutif bisnis dan media.

Kasus-kasus terhadap Fujimori menumpuk, termasuk tuduhan memerintahkan penggunaan regu pembunuh dalam pertempurannya melawan militan Shining Path.

Kendati aman di Jepang, Fujimori membuat kejutan dengan memutuskan untuk kembali ke Peru pada tahun 2005, dengan harapan akan pengampunan dan kembali ke dunia politik.

Sebaliknya, ia ditahan selama singgah di Chili, diekstradisi ke Peru pada tahun 2007, dan pada tahun 2009 ia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara.

Setelah dipenjara, penampilan publik Fujimori terbatas pada kunjungan ke rumah sakit di mana ia sering kali tampak acak-acakan dan tidak sehat.

Sementara para pengkritiknya mengabaikan keluhan kesehatannya sebagai taktik untuk keluar dari penjara, presiden saat itu Pedro Pablo Kuczynski sempat mengampuni Fujimori pada tahun 2017.

Beberapa bulan kemudian Kuczynski dimakzulkan dan pengampunannya dibatalkan oleh pengadilan konstitusi tertinggi Peru, mengirim Fujimori kembali ke penjara khusus yang menahannya dan tidak ada narapidana lain.

Pengadilan mengembalikan pengampunan tersebut pada Bulan Desember 2023, membebaskan Fujimori yang sakit, yang menderita tukak lambung, hipertensi, dan kanker lidah. Pada bulan Mei 2024, Fujimori mengumumkan bahwa ia telah didiagnosis menderita tumor ganas.