Sidang Rizieq Diawali Perdebatan, Kuasa Hukum Sempat Dilarang Masuk
Rizieq Shihab saat berorasi di kediamannya (Foto: Irfan Meidianto)

Bagikan:

JAKARTA - Tim pengacara Rizieq Shihab sempat tak diperkanankan masuk ke dalam Pengadalin Negeri Jakarta Timur. Bahkan, mereka sempat terlibat adu mulut dengan polisi yang berjaga.

Pantauan VOI, sekitar pukul 09.30 WIB tim pengacara Rizireq Shihab berada di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Mereka menunggu sejenak di trotoar.

Hingga akhirnya, seseorang dari pihak pengadilan datang dan berkomunikasi dengan mereka. Tapi komunikasi mereka dilakukan dari jarak yang cukup jauh dan terhalang pagar Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Sebab, petugas pengadilan berada di dalam kawasan pengadilan sedangkan tim pengacara Rizieq berada di luar.

Sempat terdengar, salah satu pengacara Rizieq, Ichwan Tuankota meminta pihak pengadilan mengembalikan kartu jika mereka tidak diperkenankan masuk.

"Mas, kalau ngga boleh masuk kartunya balikin mas," kata Ichwan.

Tak terlalu jelas apa yang dibicarakan. Tapi, sempat terdengar jika tim pengacara meminta diperkenankan masuk untuk menghadiri sidang.

Hingga akhirnya, tim pengacara pun mencoba mendekat ke depan gerbang untuk berkomunikasi perihal izin masuk. Tak berapa lama, para pengacara Rizieq diperkenankan masuk ke pengadilan.

Adapun, Rizieq Shihab akan menjalani sidang perkara dugaan penghasutan dan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan dan Megamendung.

Selain itu, Rizieq juga bakal menghadapi persidangan terkait hasil swab RS UMMI Bogor. Ketiga persidangan itu beragendakan pembacaan tanggapan dari jaksa atas eksepsi yang dilayangkan Rizieq Shihab.