Bagikan:

JAKARTA - Donald Trump mengaku tersinggung dengan dukungan Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap rivalnya dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) 2024, Kamala Harris.

"Saya kenal Putin, saya mengenalnya dengan baik. Beberapa hari lalu ia mendukung Kamala. Ia mendukung Kamala, saya sangat tersinggung dengan itu. Saya pikir itu dilakukan mungkin dengan senyuman," kata Trump kepada para pendukungnya saat berpidato di sebuah rapat umum di Wisconsin, Sabtu 7 September waktu setempat, dikutip dari Sputnik via Bernama.

Trump juga bertanya-tanya mengapa kepala negara Rusia mendukung Harris. Dia menambahkan, Putin adalah "pemain catur".

Mantan Presiden AS itu juga mengulang lagi pernyataannya bahwa konflik Rusia-Ukraina tidak mungkin akan terjadi jika menjadi kepala negara.

Adapun Pilpres AS 2024 akan digelar pada 5 November mendatang. Trump didukung Partai Republik bersaing ketat dengan calon presiden yang diusung Partai Demokrat.

Sebelumnya, saat sesi pleno Forum Ekonomi Timur, Putin dengan nada bercanda mengatakan Rusia akan mendukung calon presiden AS dari Partai Demokrat, Kamala Harris, seperti yang direkomendasikan Presiden petahana AS, Joe Biden.

Rusia mencatat bahwa Harris memiliki tawa yang "menular", dari situ orang bisa menyimpulkan bahwa akan "berhasil."