Bagikan:

YOGYAKARTA – Gempa megathrust tengah menjadi perhatian di seluruh negeri. Simak daerah yang berisiko terdampak gempa megathrust dalam artikel di bawah ini.

Pembahasan mengenai gempa mehgathrust menggema usai Jepang dilanda gempa berkekuatan magnitude 7,1. Bencana alam ini disebabkan oleh megathrust di bagian selatan Jepang.

Selain Jepang, Indonesia juga berpotensi dihantam gempa berkekuatan besar di zona megathrust.

Berdasarkan data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Indonesia memiliki sekitar 16 zona gempa gempa megathrust yang tersebar dari sisi barat hingga timur.

terdapat sekitar zona gempa megathrust di Indonesia yang tersebar dari sisi barat hingga timur. Lantas, mana saja daerah yang berisiko terdampak gempa megathrust?

Daerah yang Beresiko Terdampak Gempa Megathrust

Zona megathrust Indonesia terletak di zona subduksi aktif, mulai dari Subduksi Sunda, Subduksi Banda, Subduksi Lempeng Laut Maluku, Subsuksi Sulawesi, Subduksi Lempeng Laut Filipina, hingga Subduksi Utara Papua.

Zona subduksi aktif tersebut terdiri dari beberapa segmentasi sumber gempa zona megathrust.

Menyadur Peta Sumber dan Bahaya Gempa yang diterbitkan oleh Pusat Studi Gempa Nasional pada tahun 2017, berikut ini adalah 16 zona megathrust di Indonesia beserta potensi kekuatan gempanya:

  1. Zona megathrust Aceh-Andaman (magnitudo 9,2).
  2. Zona megathrust Nias-Simeulue (magnitudo 8,9)
  3. Zona megathrust Batu (magnitudo 8,2)
  4. Zona megathrust Mentawai – Siberut (magnitudo 8,7)
  5. Zona megathrust Mentawai – Pagai (magnitudo 8,9)
  6. Zona megathrust Enggano (magnitudo 8,8)
  7. Zona megathrust Selat Sunda – Banten (magnitudeo 8,8)
  8. Zona megathrust Jawa Barat (magnitudo 8,8)
  9. Zona megathrust Jawa Tengah-Jawa Timur (magnitudo 8,9)
  10. Zona megathrust Bali (magnitudo 9,0)
  11. Zona megathrust Nusa Tenggara Barat (magnitude 8,9)
  12. Zona megathrust Nusa Tenggara Timur (magnitude 8,7)
  13. Zona megathrust Laut Banda Selatan (magnitudo 8,7)
  14. Zona megathrust Laut Banda utara (magnitude 7,9)
  15. Zona megathrust Utara Sulawesi (magnitude 8,5)
  16. Zona megathrust Lempeng Laut Flilipina (magnitude 8,2)

Masyarakat yang bermukim di dekat zona megathrust perlu waspada dan melakukan persiapan menghadapi gempa sejak dini.

Terkait hal ini, BMKG juga telah memasang seismograf di wilayah dekat Megathrust Lempeng Banten dan Selat Sunda sebanyak 39 buah.

Selain itu, Akselerograf juga sudah dipasang sebanyak 20 buah hingga alat pemantau tinggi laut atau automatic water level sebanyak 22 buah.

Mengenal Gempa Megathrust

Gempa megathrust adalah jenis gempa berkekuatan besar yang terjadi di zona megathrust, yakni zona subduksi aktif di mana lempeng tektonik Samudra menekan di bawah lempeng tektoink benua.

Zona megathrust ini merupakan arena di mana dua lempeng bertemu dan menghasilkan medan tegangan di kontak antar lempeng. Apabila medan tegangan ini dilepaskan secara tiba-tiba, maka akan terjadi gempa bumi besar.

Istilah megathrust sendiri berasal dari dua kata, yakni mega yang bermakna besar dan thrust yang berarti dorongan atau tekanan. Gempa megathrust dapat mencapai magnitude 9,9 menjadikannya sebagai salah satu gempa paling dahsyat dan berpotensi menyebabkan tsunami.

Demikian informasi tentang daerah yang berpotensi terdampak gempa megathrust. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.