Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya 60 pasangan calon kepala daerah (cakada) yang maju dalam Pilkada 2024 di daerah otonomi baru (DOB) dan Provinsi Papua akan menjalani pemeriksaan kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Abepura, Jayapura.

Direktur RSJ Daerah Abepura Guy Yanna Ema Come mengatakan, pemeriksaan bakal meliputi paslon gubernur dan wakil gubernur, paslon bupati dan wakil bupati serta paslon wali kota dan wakil wali kota.

"Kami belum bisa memastikan provinsi pada DOB di Papua, karena terkait pemeriksaan kesehatan ini masuk satu pintu, yakni di RSUD Dok II Jayapura," katanya di Jayapura, Jumat 30 Agustus, disitat Antara.

Menurut Ema, tahapan pemeriksaan akan dilakukan setelah tahap pendaftaran dan sesuai petunjuk teknis (Juknis) Peraturan KPU akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 30 Agustus hingga 1 September 2024," ujarnya.

Dia menjelaskan standar pemeriksaan ada dua kategori, yakni psikotes yang meliputi tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), yaitu prosedur yang dibuat untuk menentukan atau mendeteksi gangguan mental pada seseorang dan kedua ialah tes wawancara.

"Setelah itu tes intelegensi yang bertujuan untuk mengetahui dengan tepat mengenai kelebihan atau kekurangan kemampuan kognitif seseorang," katanya.

Dia menambahkan, kedua instrumen ini akan dikerjakan dengan menjawab soal yang telah disusun oleh tim medis RSJ, setelah psikotes bakal calon akan mengikuti tes wawancara.

"Ada 500 soal yang harus dijawab oleh setiap bakal calon dan waktu yang disediakan selama tiga jam, dilanjutkan dengan tes wawancara selama dua jam," ujarnya.

Dia mengatakan untuk tenaga kesehatan, pihaknya telah menyiapkan dokter, spesialis, psikolog dibantu perawat dan tim medis.