Demo Tolak Daerah Otonomi Baru di Sejumlah Wilayah Papua, Polda Pastikan Situasi Aman dan Kondusif
Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal

Bagikan:

JAYAPURA - Polda Papua memastikan demonstrasi di sejumlah wilayah berlangsung aman dan kondusif. Demo digelar menolak Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Sampai saat ini situasi di Provinsi Papua aman dan kondusif. Meski di beberapa wilayah di Papua menggelar aksi unjuk rasa,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, Jumat, 3 Juni.

Unjuk rasa hari ini yang menolak Daerah Otonomi Baru (DOB) digelar massa Petisi Petisi Rakyat Papua (PRP), KNPB Baliem di Kabupaten Jayawijaya dan Fopera di Kabupaten Paniai.

Unjuk rasa menolak DOB digelar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Paniai.

Di Jayapura, massa tersebar di Lingkaran Abe, Expo Waena, Perumnas III. Di Kabupaten Jayawiaya, demo digelar di pertigaan Sinakma Wamena, Area Wouma, Area Hom Hom-Pikei Wamena.

Sedangkan di Mimika, massa menggelar demo tolak DOB di kantor DPRD, Pemda dan Lapangan Timika Indah.

Kombes Kamal mengatakan, para pejabat Utama Polda Papua yang dipimpin Karo Ops Polda Papua Kombes I Ketut Gede Wijatmika turun langsung  ke lapangan memastikan situasi di Kota Jayapura.

Polda Papua dan Polres menggelar patroli dan penyekatan sekaligus razia di sejumlah titik.

“Untuk situasi secara keseluruhan di Papua sampai saat ini relatif aman dan kondusif, personel gabungan masih melakukan pengamanan di titik-titik kumpul massa. Di beberapa daerah massa telah membubarkan diri dengan aman,” ujar Kombes Kamal.

Ditegaskan juga agar masyarakat tidak mempercai hoaks video dan foto dengan narasi bentrokan aparat dengan massa.

“Mari kita cermati berita atau informasi yang beredar di media sosial dan jangan menjadi penyebar berita yang belum tentu benar atau hoaks,” kata dia.