Bagikan:

JAKARTA - Surya Paloh dipilih kembali menjadi Ketua Umum Partai NasDem untuk periode ketiga. Di saat bersamaan, Partai NasDem meluncurkan buku untuk Surya berjudul "Restorasi Indonesia".

Buku ini ditulis oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa. Saan menulis buku ini sejak tahun 2016, yang dirumuskan dari hasil dialog bersama Surya.

"Dari mulai tahun 2016 itu banyak sekali gagasan-gagasan, ide-ide, pemikiran-pemikiran Pak Surya tentang bangsa, tentang negara. Terutama konsistensi terkait dengan soal semangat dan nilai kebangsaan Pak Surya," ungkap Saan ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa, 27 Agustus.

Pemikiran Surya terhadap restorasi bangsa ini, menurut Saan, tak hanya diungkap dalam gagasannya, namun juga pada praktik roda organisasi Partai NasDem.

"Nah, ini yang membuat saya tertarik. Tadi ada kunci gini, Pak Surya termasuk yang tidak menghendaki bahwa perubahan itu secara radikal. Tapi Pak Surya juga sebagai seorang aktor politik itu melihat kok yang namanya restorasi ini kok kayak lambat sekali gitu kan," urai Saan.

Saan berharap, semua pembaca buku "Restorasi Indonesia" yang diluncurkan hari ini bisa mengikuti jejak dari pemikiran Surya Paloh.

"Ketika kita bertransformasi dari order baru ke reformasi yang udah hampir 20 tahun kok tidak lebih, itu kok kayak lambat gitu. Nah Pak Surya ingin menawarkan alternatif baru yang namanya restorasi dari pikiran-pikiran Pak Surya. Apa? Ingin mengembalikan nilai-nilai semangat-semangat kebangsaan yang baik dan sebagainya," jelas dia.

Diketahui, Partai Nasdem menyelenggarakan Kongres III yang digelar selama 3 hari, mulai Minggu hingga Selasa, 25-27 Agustus 2024. Kongres dihadiri oleh ribuan pengurus dan kader Partai NasDem mulai dari tingkat pusat sampai kabupaten kota, serta para undangan.

Pada hari ketiga Kongres, Surya Paloh kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai NasDem periode 2024-2029. Sehingga, Surya menjabat Ketum NasDem untuk periode ketiganya hingga lima tahun mendatang.

Kemudian, Majelis Tinggi juga menginstruksikan Surya untuk menyusun kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem periode 2024-2029.

Tangkap layar: YouTube NasDem TV