Bagikan:

JAKARTA - Presiden 2024 terpilih Prabowo Subianto berpidato dalam Kongres III Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam pembukaan pidatonya, Prabowo memberi selamat pada Surya Paloh yang kembali dipilih sebagai Ketua Umum Partai NasDem periode 2024-2029.

"Terima kasih kehormatan kepada saya untuk hadir di sini dan dalam hal ini saya ucapkan selamat kepada Saudara Surya Paloh yang mungkin dikenal sebagai Bung bewok," ungkap Prabowo, Selasa, 27 Agustus.

Menurut Prabowo, Surya Paloh merupakan pimpinan partai yang identik dengan kumis dan janggut yang tebal. Ia pun bergurau ingin memiliki janggut dan kumis seperti Surya Paloh.

"Saya dari dulu ingin punya jenggot seperti Pak Surya Paloh, tapi enggak bisa-bisa, gitu lho. Kumis saya di ujung (hanya) ada tiga (helai), di sebelah kiri dua," tutur Prabowo disambut tawa seisi ruangan.

Prabowo lantas mengulas dirinya pernah berada dalam satu partai yang sama dengan Surya di Partai Golkar. Prabowo pun mengaku jabatannya di Dewan Pertimbangan Golkar kala itu lebih rendah dari Surya. Namun, kondisinya sekarang berbeda setelah Prabowo memenangkan Pilpres 2024.

"Kita sama-sama alumni dari almamater yang sama, almamater 'beringin'. Saya dulu anak buahnya Pak Surya Paloh. Beliau Ketua Dewan Pertimbangan, saya Anggota. Sekarang Pak Surya Paloh anak buah saya," ucap di.

Ketua Umum Partai Gerindra menilai kondisi ini adalah bagian dari roda kehidupan. Ia pun juga merasakannya. Pada beberapa pilpres lalu, Prabowo selalu dikalahkan oleh rivalnya. Kini, Prabowo menjadi pemenang Pilpres 2024 dan memimpin negara hingga 2029.

"Roda kehidupan berputar, kadang-kadang di bawah, kadang kadang di atas. Enggak masalah. Kita harus tahu peran kita," ucap Prabowo.

"Setelah saya dikalahkan terus menerus oleh pak Jokowi kalau bergabung jangan jangan saya dapat ilmu. Jadinya beliau ajak saya bergabung dan saya akhirnya menang deh. Sori, ye!" lanjutnya.

Diketahui, Partai Nasdem menyelenggarakan Kongres III yang digelar selama 3 hari, mulai Minggu hingga Selasa, 25-27 Agustus 2024. Kongres dihadiri oleh ribuan pengurus dan kader Partai NasDem mulai dari tingkat pusat sampai kabupaten kota, serta para undangan.

Pada hari ketiga Kongres, Surya Paloh kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai NasDem periode 2024-2029. Sehingga, Surya menjabat Ketum NasDem untuk periode ketiganya hingga lima tahun mendatang.