Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melarang para kadernya untuk ikut campur terhadap urusan partai politik lain, bahkan hingga menimbulkan dinamika. Hal ini diungkapkan Surya dalam Kongres III Partai NasDem.

"Kita tidak perlu merecoki rumah tangga partai-partai lain. Kita enggak usah mencampuri dan mengomentari partai-partai lain. Kita urus diri kita sendiri dan buktikan kita masih ada untuk membangun dan membela nilai-nilai keindonesian yang sejatinya," ungkap Surya di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa, 27 Agustus.

Surya menegaskan, NasDem sejak awal didirikan untuk menjaga ruang yang ada di tengah-tengah ruang hampa dan kosong agar prinsip-prinsip, keyakinan, dan cita-cita bangsa tak boleh terkalahkan oleh kepentingan individu dan golongan yang bermuara pada materialistik dan kekuasaan semata.

"Kita tidak perlu mengklaim diri kita sebagai partai pejuang. Tapi satu yang kita yakinkan. Kita bukan orang-orang munafik yang berkumpul di tengah-tengah hiruk-pikuk demokrasi yang ada di negeri ini, di partai NasDem," urai Surya.

Surya berharap seluruh peserta Kongres yang dihadiri oleh kader partai NasDem bisa mengimplementasikan apa yang ia amanatkan. Meskipun, kelak Surya tak lagi memimpin partai.

"Ini harapan saya pada semuanya, para peserta Kongres III ini. Saya tidak tahu, tapi yang saya tahu adalah satu, saya pasti tidak bisa memimpin partai ini selamanya. Itu saya tahu," urainya.

Surya Paloh kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai NasDem periode 2024-2029. Sehingga, Surya menjabat Ketum NasDem untuk periode ketiganya hingga lima tahun mendatang.

Surya pertama kali menjabat Ketum NasDem pada Kongres pertama tahun 2013, kemudian ia kembali melanjutkan jabatan Ketum pads Kongres kedua tahun 2019. Pengumuman Surya kembali didapuk menjadi pimpinan Partai NasDem ditetapkan dalam rapat pleno ketiga Kongres ke-III NasDem.

Kemudian, Majelis Tinggi juga menginstruksikan Surya untuk menyusun kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem periode 2024-2029.

Kongres III NasDem digelar selama 3 hari, mulai Minggu hingga Selasa, 25-27 Agustus 2024. Kongres dihadiri oleh ribuan pengurus dan kader Partai NasDem mulai dari tingkat pusat sampai kabupaten kota, serta para undangan.

Malam Pembukaan Kongres lll Partai NasDem pada Minggu, 25 Agustus lalu mengusung tema "Sinergi Membangun Bangsa". Pembukaan Kongres III NasDem juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.