Bagikan:

JAKARTA - Rusia melancarkan serangan rudal dan pesawat tak berawak yang menargetkan sejumlah wilayah Ukraina dan menewaskan lima orang.

Dua orang tewas ketika hotel “dihancurkan” oleh sebuah rudal di pusat kota Kryvyi Rih, kata para pejabat daerah.

Tiga orang tewas dalam serangan pesawat tak berawak di kota tenggara Zaporizhzhia.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan Kyiv akan membalas serangan Rusia. Dia meminta sekutunya untuk mempertimbangkan operasi pertahanan udara bersama dan menyediakan kemampuan jarak jauh setelah Rusia menyerang infrastruktur energi Ukraina dengan lebih dari 200 rudal dan drone pada Senin.

Selama serangan pada Selasa, 27 Agustus, Ukraina menjatuhkan lima dari 10 rudal yang masuk dan 60 dari 81 drone, kata angkatan udara dilansir Reuters.

Angkatan udara Ukraina kehilangan jejak 10 drone lainnya yang kemungkinan jatuh di suatu tempat di wilayahnya, katanya. Satu lagi menyeberang ke wilayah Belarusia; 10 pesawat lainnya masih terbang di wilayah udara Ukraina pada Selasa pagi.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah melancarkan serangan senjata presisi tinggi ke Ukraina semalam, kantor berita Interfax melaporkan. Moskow membantah menargetkan warga sipil sejak melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, meskipun ribuan orang telah terbunuh.