Bagikan:

NUSA DUA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) merespons kunjungan Anies Baswedan ke Kantor DPD PDIP DKI Jakarta jelang pendaftaran Pilkada 2024.

Saat ini, peluang Anies menjadi calon Gubernur DKI Jakarta terbuka setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas pencalonan kepala daerah. Anies pun mulai secara terbuka mendekati PDIP dan membahas potensi pengusungannya.

Sebelumnya, PKB sempat menyatakan akan mengusung Anies di Pilkada Jakarta. Namun, belakangan, PKB berubah haluan dan merapat pada Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta.

"Ya dengan keputusan MK ini berarti PDIP bisa mengusung sendiri. Ya, moga-moga lancar," tutur Cak Imin di sela Muktamar PKB, Nusa Dua, Bali, Sabtu, 24 Agustus.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta memberikan sinyal kuat bakal mengusung Anies Baswedan dalam kontestasi Pilkada Jakarta.

Sinyal itu terlihat saat Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu seolah begitu 'mesra' dengan Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Adi Widjaja, usai keduanya menggelar pertemuan. Bahkan, Adi Widjaja tak menampik bila kemungkinan DPD PDI Perjuangan akan memilih Anies Baswedan sebagai Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta.

"Insya Allah," ujar Adi kepada wartawan di DPD PDI Perjuangan, Sabtu, 24 Agustus.

Selain itu, dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam, Anies Baswedan dan Adi Widjaja juga mengaku membicarakan banyak hal, terutama tentang Pilkada 2024. Mulai dari menyamakan visi dan misi hingga membicarakan perihal mengawal kontitusi dengan cara yang benar.

"Kita menyamakan visi dan misi, bagaimana kita mengawal, ada persamaan kita punya pandangan. Bahwa kita harus mengawal konstitusi yang benar, kita harus mengawal demokrasi yang benar. Itu saja," sebutnya.

Sementara itu Anies mmenambahkan, bahwa dirinya akan menunggu keputusan dari Megawati Soekarnoputri, perihal Pilkada ini. Sehingga, ia tak mau sesumbar mengenai akan atau tidaknya diusung oleh partai berlambang banteng tersebut

"Jadi hal-hal yang menyangkut pilkada tentu kita obrolkan. Tapi kita semua menunggu apa yang menjadi keputusan PDIP," kata Anies.