Majelis Syuro PKS Bakal Putuskan Dukungan ke Cak Imin Pekan Ini
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar/DOK VOI-Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA - PKS segera mengagendakan rapat musyawarah majelis syuro (MMS) usai kunjungan pasangan capres dan cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertandang ke kantor DPP PKS, Selasa, 12 September. 

Rencananya, MMS akan digelar pada akhir pekan ini yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan dan pengumuman mengenai dukungan PKS terhadap Cak Imin sebagai bakal cawapres Anies. 

“Lebih cepat lebih bagus. Satu dua hari moga-moga Jumat sudah jalan lah, insyaallah lah, dalam waktu dekat ini. Sabar lah nanti,” ujar Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi kepada wartawan, Rabu, 13 September. 

Aboe memastikan deklarasi cawapres dari PKS paling lambat akan dilakukan pada hari Minggu ini. Pasalnya, PKS harus mengumpulkan para kader di seluruh Indonesia terlebih dahulu. 

“Pokoknya antara sampai Minggu lah sekitar itu. Moga-moga aja Jumat sudah bisa jalan,” kata anggota Komisi III DPR itu. 

Sementara, Ketua Bidang Polhukam DPP PKS Al Muzzammil Yusuf, menyampaikan situasi di internal partai sangat kondusif terkait penentuan Cak Imin sebagai cawapres yang bakal didukung untuk berpasangan dengan Anies. 

"Kalau ditanya situasi dan kondisi atau apakah yang kita laporkan nanti hal yang positif iya. Yang kita laporkan situasi yang hangat, kondusif, enjoy sampai kita menyanyikan lagu juga yalal wathon lagu NU. Tapi kalau memastikan, saya mendahului majelis syuro, kan nggak boleh," kata Muzzammil, di gedung DPR, Jakarta, Rabu, 13 September.

Menurut Muzzammil, pengumuman bakal cawapres PKS akan langsung diumumkan oleh majelis syuro setelah melakukan rapat musyawarah pada minggu-minggu ini. 

"Biasanya kalau majelis syuro sorenya sudah diungkap kalau hasilnya sudah selesai. Atau kalau besok paginya selesai langsung diumumkan. Biasanya undang media," katanya. 

Namun Muzzammil enggan memastikan apakah sudah ada sinyal persetujuan terhadap Cak Imin untuk didukung sebagai cawapres atau belum. Dia mengaku enggan mendahului MMS. Dia menambahkan, pengumuman hasil rapat akan langsung diumumkan oleh Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf.  

"Tapi sekali lagi kalau soal pengumuman itu pimpinan majelis syuro, saya kan anggota," pungkasnya