Bagikan:

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil mengaku siap memenangkan Pilkada Jakarta 2024, meski melawan gubernur petahana Anies Baswedan. Pria yang akrab disapa itu mengaku sudah bersilaturahmi dengan berbagai unsur masyarakat bahkan hingga jalur langit. 

 

Mulanya Ridwan Kamil mengomentari Anies yang menyambangi kantor DPD PDIP Jakarta siang ini. RK mengaku tak masalah jika Anies bakal diusung PDIP maju Pilgub Jakarta. 

 

"Itu hak anak bangsa, hak individu, silakan saja, tidak ada masalah. Karena sedang proses namanya negosiasi administrasi politik," ujar Ridwan Kamil di Kantor DPD Partai Golkar, Jakarta, Sabtu, 24 Agustus. 

 

RK juga tak khawatir kalah saing dengan Anies. Mantan Gubernur Jawa Barat itu mengaku sudah berpengalaman mengikuti Pilkada, baik tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Apalagi ia berpasangan dengan Suswono yang merupakan mantan menteri era Presiden SBY. 

"Saya sudah pernah Pilwalkot 8 pasang, menang, pernah Pilgub 4 pasang, melawan 3 jenderal diberi kemenangan. Di Jakarta Insya Allah dengan siapa saja, karena niatnya mau membangun, gagasannya Insya Allah relevan solutif, tapi harus melalui namanya kontestasi kompetisi sudah diniatkan. Jadi kita siap-siap saja, apalagi kami berdua saling melengkapi," kata RK. 

"(Suswono) Punya pengalaman kabinet, lebih senior bisa menasihati saya. Saya punya pengalaman dua kali pilkada. Menurut saya insya Allah pasangan kami punya relevansi dan tawaran yang paling sip," tambahnya. 

 

"Apalagi ada istilah Jakarta baru pasca IKN, kebetulan juga saya kurator jadi paham di sana akan bagaimana, dampaknya ke Jakarta, mudah-mudahan pengetahuan itu bisa menguatkan solusi," kata RK lagi. 

 

Ditambah lagi, sebanyak 12 parpol yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju Plus juga solid, serta silaturahmi yang terjalin di bumi dan langit. Sehingga RK yakin pasangan Rido alias Ridwan Kamil-Suswono sukses di Pilkada Jakarta 2024. 

 

"Insya Allah, namanya politik harus disolid-solidkan. Kuncinya silaturahmi. (Kemana saja silaturahmi, red) Di bumi dan di langit," pungkasnya.