Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan benar-benar dinyatakan padam oleh petugas pada pukul 18.40 WIB. Selama 12 jam lebih, terhitung pukul 02.44 WIB hingga pukul 18.40 WIB, petugas berjibaku dengan api sekaligus melakukan pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi potensi penyalaan api.

“Pemadaman dinyatakan selesai sekira pukul 18.40 WIB, yang mana kebakaran dilaporkan pada sekira pukul 02.30 WIB, mulai pemadaman sekira pukul 02.44 WIB, dan proses pendinginan pukul 06.57 WIB,” kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Triyanto saat kepada wartawan, Selasa, 13 Agustus.

Dalam kebakaran itu, ada ribuan kepala keluarga dari luas wilayah mencapai 3,7 hektar, yang terdampak. 7 orang diantaranya mengalami luka ringan.

Perihal penyebab kebakarannya, kata Triyanto, dikarenakan charger handphone dari salah satu rumah warga. Charger handphone disebut meledak hingga menimbulkan api lalu membesar.

“Ibu Sani berusaha memadamkan secara mandiri namun api sangat cepat membesar. Lalu warga mendobrak rumah ibu Sani untuk memadamkan api. Namun api tidak bisa di padamkan dan warga segera melaporkan ke pos Manggarai,” ungkapnya.

Sebanyak 123 personel dan 36 unit damkar diterjunkan. Hasilnya api berhasil dipadamkan hingga pukul 18.40 WIB.

“Hambatannya akses masuk TKP sangat sulit, harus mendobrak tembok Infinia Par,” tutupnya.