Presiden Jokowi: Di Provinsi Maluku, 116 Ribu Orang Telah Divaksinasi
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebut, saat ini telah ada 116 ribu orang di Provinsi Maluku yang telah divaksinasi. Hal ini disampaikan saat melakukan serangkaian kunjungan kerja di Kota Ambon, Maluku.

"Di seluruh Provinsi Maluku telah divaksinasi sebanyak 116 ribu dan khusus di Kota Ambon kurang lebih 30 ribu yang telah divaksin. Ini terus setiap hari berporses dan kita harapkan sesuai target, nanti kita selesaikan," kata Presiden Jokowi lewat dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 25 Maret.

Hari ini, Jokowi meninjau vaksinasi yang diperuntukkan bagi para petugas atau pekerja publik di pelabuhan yang terdiri atas pegawai dari PT Pelni, PT Pelindo, dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan).

Kepada warga yang divaksin, Jokowi memaparkan keinginannya agar 70 persen warga bisa divaksinasi agar kekebalan komunal (herd immunity) dapat tercapai.

"Kalau 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin, disuntik, nanti akan terjadi kekebalan komunal. Artinya apa? Yang namanya COVID-19 mau datang bisa mental dan tidak menularkan lagi dari orang ke orang. Dari warga ke warga bisa kita hentikan," ujar Jokowi.

Jokowi mengaku program vaksinasi nasional memiliki peoses yang masih panjang. Tapi, Jokowi menargetkan vaksinasi selesai pada akhir tahun ini jika kegiatan vaksinasi massal sering dilakukan.

"Kita berharap pandemi ini segera selesai dan ekonomi daerah, nasional, ekonomi provinsi bisa bangkit kembali, dan kita bisa bekerja dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya," ungkap dia.

Selanjutnya, Jokowi beranjak menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena, Kota Ambon, untuk meninjau jalannya vaksinasi massal bagi para tokoh agama, tenaga pengajar dan kependidikan, hingga pekerja publik. Sekaligus, Jokowi meresmikan RSUP pertama di kawasan Indonesia Timur tersebut.

"Setelah groundbreaking di tahun 2017, pada hari ini juga telah kita lihat telah selesai rumah sakit dr. Johannes Leimana di Ambon yang kita harapkan ini akan memberikan layanan kesehatan yang prima untuk masyarakat di Indonesia bagian timur," tutur Jokowi.

Selepas peresmian, Jokowi akan menuju Kediaman Raja Hitu, Kabupaten Maluku Tengah, untuk turut memantau vaksinasi massal yang juga dilakukan di lokasi tersebut.

Tak jauh dari lokasi vaksinasi di Kediaman Raja Hitu, tepatnya di Dermaga Huseka’a Hitu, Jokowi diagendakan untuk berdialog dengan perwakilan kelompok nelayan, penjual ikan, dan para pedagang pasar setempat.