Bagikan:

 

BALIKPAPAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, bahwa bakal ada pembangunan rumah-rumah ibadah di Ibu Kota Nusantara (IKN), dalam waktu dekat.

Indonesia  mengakui ada 6 agama yang sah dipeluk secara hukum dan administrasi secara negara. Keenam agama itu adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu Buddha dan Khonghucu.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, saat ini yang sedang dalam tahap konstruksi adalah pembangunan Masjid Negara. Sedangkan, untuk pembangunan lima rumah ibadah lainnya masih dalam tahapan desain.

"2025 (ditargetkan desainnya sudah ada)," kata Endra kepada wartawan di Hotel Nusantara IKN, Jumat, 9 Agustus.

Endra menilai, tahapan desain dari kelima rumah ibadah itu dilakukan secara bertahap. "Oh iya (untuk lima rumah ibadah). Kan, mulai bertahap," ujar dia.

Menurutnya, di setiap hunian sudah ada function room yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah.  "Sekarang lagi desain untuk rumah ibadah. Sementara kalau di setiap hunian, kan, sudah ada function room-nya. Itu bisa dipakai untuk ibadah gereja. Kemudian juga untuk Buddha, Hindu juga bisa nanti," tutur Endra.

Meski begitu, Endra belum bisa memberikan informasi lebih lanjut soal anggaran yang disiapkan untuk membangun kelima rumah ibadah itu. Sebab, kata dia, saat ini masih menunggu hasil dari desainnya.

"Belum keluar desainnya. Belum keluar, kok, sudah tanya  rupiahnya. Nanti kalau uda ada hasil desainnya, ya," pungkasnya.