Bagikan:

JAKARTA — Calon Bupati Sorong Selatan untuk periode 2024-2029, Alfius Way, meluncurkan program ambisius bernama "Sorong Selatan Cerdas" dalam kampanye Pilkada 2024. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sejalan dengan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (UU 24/2023) dan tema Papua “Pembangunan di Wilayah Papua: Papua Sehat, Papua Cerdas, dan Papua Produktif.”

Alfius Way menekankan pentingnya pendidikan sepanjang hari dan berkomitmen untuk melanjutkan dan mengevaluasi program ini untuk memastikan rencana tindak yang lebih efektif, efisien, dan berkualitas. Dia berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan melalui pelatihan guru, penyediaan bahan ajar yang memadai, dan penerapan metode pembelajaran inovatif.

"Pemerataan akses pendidikan menjadi prioritas dengan memperluas jangkauan ke seluruh 13 distrik, terutama distrik-distrik pesisir seperti Kokoda, Kokoda Utara, Kais, Metemani, dan Inanwatan," ujar Alfius, yang tengah membidik dukungan dari Partai Golkar.

Dalam upaya mendukung pendidikan, Alfius Way juga akan meluncurkan program beasiswa untuk anak-anak Papua berprestasi serta mereka yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. Program ini juga mencakup pendidikan keterampilan dan vokasi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja lokal dan regional.

Alfius Way menyadari pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses kebijakan dan berkomitmen untuk melibatkan mereka dalam penyusunan kebijakan pendidikan. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk laboratorium, perpustakaan, dan teknologi informasi, juga menjadi bagian dari program ini.

Monitoring dan evaluasi yang ketat akan diterapkan untuk memastikan bahwa program pendidikan berjalan efektif dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu, Alfius Way akan memberikan insentif dan kesejahteraan kepada guru-guru di daerah terpencil dan terluar serta mendukung kebijakan makan gratis untuk siswa sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat.

"Program ini juga mencakup kerja sama dengan perguruan tinggi untuk memastikan bahwa program Papua Cerdas berjalan sesuai dengan kebutuhan daerah," ujarnya.

Alfius Way berkomitmen untuk menyelaraskan dokumen perencanaan daerah, memperkuat kapasitas ASN, menyusun regulasi daerah, dan melakukan evaluasi kebijakan daerah. Sinergi pendanaan antara pusat dan daerah serta penggunaan teknologi informasi dan teknologi dalam mendukung pembangunan dan pemerintahan juga akan menjadi bagian integral dari rencana ini.

Dengan program "Sorong Selatan Cerdas," Alfius Way berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan masyarakat di Sorong Selatan, menjadikan daerah ini sebagai contoh sukses menuju Indonesia Emas 2045.