Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai pernyataan Politisi NasDem, Effendi Choirie atau Gus Choi soal PBNU berhak mengevaluasi PKB minim etika. Pasalnya, tidak ada hubungan struktural antara PBNU dan PKB. 

"Ya itu pernyataannya nol, nol etika, nol pemahaman terhadap konstitusi. PKB dan PBNU itu nggak ada hubungannya. (PKB) Diatur Undang-Undang Parpol dan (PBNU) diatur Undang-Undang ormas," ujar Jazilul, Kamis, 8 Agustus. 

Jazilul pun heran Gus Choi yang kini merupakan kader NasDem masih mengomentari urusan PKB. Menurutnya, NasDem perlu menegur Gus Choi yang berupaya ikut campur masalah partai lain.  

"Ngapain ngomentari partai orang lain. Diundang oleh sesuatu yang ilegal untuk apa? (Tapi) Biarlah nanti NasDem lah yang menerbitkan (surat teguran). Karena Gus Choi kan NasDem," kata Wakil Ketua MPR itu. 

 

Menurut Jazilul, jika Gus Choi merasa tak ingin ikut campur persoalan PKB maka seharusnya tidak perlu memenuhi undangan PBNU untuk memberikan keterangan mengenai bekas partainya yang dulu. 

"Ya makanya nol, secara etika nol. Kehadirannya itu menghadiri sesuatu yang ilegal. Mustinya nggak usah kita tanggapi. Tertibkan aja, NasDem yang menertibkan," tegas Gus Jazil.