Bagikan:

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, merespons kabar yang disampaikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinetnya pada 21 Oktober 2024. 

Pengumuman itu dilakukan satu hari setelah pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2024. Prabowo juga disebut bakal menggelar sidang kabinet perdana pada 23 Oktober 2024.

“Kalau Pak Luhut bilang begitu, ya kan beliau memang sering berkomunikasi dengan Pak Prabowo. Sehingga apa yang disampaikan mungkin hasil dari komunikasi Pak Luhut dan Pak Prabowo,” ujar Dasco saat dikonfirmasi, Selasa, 6 Agustus.  

Kendati demikian, Dasco mengatakan, hingga saat ini ketua umumnya itu belum membicarakan rencana pengumuman kabinet pasca dilantik di internal Gerindra. 

“Kalau kami, sampai sejauh ini belum sampai diajak komunikasi mengenai tanggal penentuan menteri atau pengumuman kabinet,” ungkap Dasco. 

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut calon presiden terpilih pada Pilpres 2024 Prabowo Subianto berencana mengumumkan susunan kabinetnya pada tanggal 21 Oktober 2024 atau sehari setelah dilantik sebagai Presiden RI periode 2024–2029.

Prabowo menyampaikan rencananya itu kepada Luhut saat keduanya menghadiri rapat terbatas (ratas) bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 5 Agustus. Dia pun mengungkap isi pembicaraannya dengan Prabowo.

"Kemarin dia bilang, Bang, aku dilantik pada tanggal 20 Oktober, pada tanggal 21 Oktober aku umumkan kabinet, itu aku lantik, terus sidang kabinet pada tanggal 23 Oktober," kata Luhut saat acara peluncuran buku di Wisma Elang Laut, Jakarta, Selasa, 6 Agustus.