Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Israel menewaskan empat orang di kota Jenin di Tepi Barat, kata petugas medis menyusul malam kekerasan yang menewaskan empat orang lainnya dalam bentrokan di dekat Tubas, dekat perbatasan dengan Yordania.

Dilansir Reuters, militer Israel mengatakan pihaknya melakukan dua serangan udara terpisah di Tepi Barat menargetkan militan bersenjata, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Bulan Sabit Merah Palestina mengonfirmasi empat orang tewas dalam serangan terhadap dua kendaraan di Jenin, salah satu titik konflik paling eksplosif di Tepi Barat. Satu orang lainnya terluka parah.

Serangan itu terjadi selama operasi di Jenin di mana rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan barisan pengangkut personel lapis baja memasuki kota dan buldoser lapis baja menggali jalan.

Pasukan Israel telah membunuh ratusan warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak awal perang, banyak dari mereka adalah pejuang bersenjata, namun banyak juga yang melemparkan batu kepada pemuda atau warga sipil yang tidak terlibat.

Pada saat yang sama, 13 warga Israel tewas dalam serangan yang dilakukan penyerang Palestina.

Pada Selasa, 6 Agustus, seorang perempuan penjaga perbatasan terluka dalam serangan penikaman oleh seorang pria Palestina menggunakan obeng saat pemeriksaan bus di sebuah pos pemeriksaan di pinggiran Yerusalem. Penyerang ditembak mati.

Pada Senin, 5 Agustus malam, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan empat warga Palestina tewas dan tujuh lainnya terluka akibat tembakan Israel di kota Aqaba, dekat kota Tubas.

Dua korban luka berada dalam kondisi kritis.

Kantor berita resmi Palestina WAFA menyebutkan bentrokan terjadi setelah pasukan Israel mengepung sebuah rumah di Aqaba dan bentrok dengan sekelompok pemuda.